Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di Kabupateh Sidoarjo / Nur Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di Kabupateh Sidoarjo / Nur Efendi

Efendi, Nur (2013) Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di Kabupateh Sidoarjo / Nur Efendi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share kemampuan metakognitif hasil belajar biologi siswa. Pada era globalisasi dengan ciri-ciri dunia tanpa batas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kesadaran terhadap hak dan kewajiban asasi manusia kerjasama dan kompetisi antar bangsa menuntut setiap manusia pada suatu bangsa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu indikator menghadapi era pasar bebas dalam pendidikan adalah melalui perbaikan aspek pembelajaran. Dalam pembelajaran biologi (sains) diperlukan paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) daripada pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered). Pembelajaran yang menerapkan pada pemusatan guru sebetulnya baik namun bersifat hanya sekedar memindahkan informasi dari guru kepada siswa tanpa melibatkan siswa dalam proses untuk mendapatkan informasi tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) Think Pair Share (TPS) dan Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share (RT TPS) dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa berkemampuan akademik atas dan bawah di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pre-post test non-equivalent control group design dengan pola faktorial 4x2. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 240 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik ANACOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD pada taraf signifikansi 0 05. Hasil analisis data secara inferensial memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif siswa. Rata-rata skor nilai kemampuan metakognitif siswa pada strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share (RT TPS) memiliki nilai paling tinggi dengan nilai 77 73 tidak berbeda nyata dan lebih tinggi 1 65% dari Think Pair Share (TPS) dengan nilai 76 44 tetapi berbeda nyata 2 92% dari Reciprocal Teaching (RT) dengan nilai 75 45 dan 4 33% dari konvensional dengan nilai 74 36. Rata-rata skor nilai kemampuan metakognitif siswa berkemampuan akademik atas adalah 76 53 berbeda nyata dan lebih tinggi 1 39% dari siswa akademik bawah 75 46. Rata-rata skor nilai kemampuan metakognitif siswa kelompok strategi pembelajaran RT TPS akademik atas dengan nilai 78 93 tidak berbeda nyata dan lebih tinggi 1 42% dari TPS akademik atas dengan nilai 77 82 tetapi berbeda nyata dan lebih tinggi 4 86% dari RT akademik atas dengan nilai 75 10 5 91% dari konvensional akademik atas dengan nilai 74 27. Rata-rata terkoreksi nilai kemampuan metakognitif siswa kelompok strategi pembelajaran RT TPS akademik atas berbeda nyata dan lebih tinggi 3 05% dari RT TPS akademik bawah dengan nilai 76 53. Untuk variabel hasil belajar biologi siswa analisis hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang paling tinggi pada kelompok strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share (RT TPS) dengan nilai 84 23 berbeda nyata dan lebih tinggi 2 72% dari Think Pair Share (TPS) dengan nilai 81 94 3 25% dari Reciprocal Teaching (RT) dengan nilai 81 49 dan 6 41% dari konvensional dengan nilai 78 84. Rata-rata skor nilai hasil belajar siswa kelompok siswa akademik atas adalah 82 51 berbeda nyata dan lebih tinggi 2 14% dari siswa akademik bawah 80 74. Rata-rata skor nilai hasil belajar siswa kelompok strategi pembelajaran RT TPS akademik atas dengan nilai 86 40 berbeda nyata dan lebih tinggi 3 25% dari TPS akademik atas dengan nilai 83 59 6 18% dari RT akademik atas dengan nilai 81 06 dan 8 56% dari konvensional akademik atas dengan nilai 79 00. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa rata-rata skor nilai hasil belajar siswa kelompok strategi pembelajaran RT TPS akademik atas berbeda nyata dan lebih tinggi 5 01% dari RT TPS akademik bawah dengan nilai 82 07. Penerapan strategi pembelajaran RT TPS memiliki hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa jika dibandingkan dengan strategi RT TPS maupun Konvensional pada siswa berkemampuan akademik atas maupun siswa berkemampuan akademik bawah sehingga dapat digunakan secara luas dalam pembelajaran biologi dan salah satu alternatif pilihan dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas dasar pengambilan kebijakan bagi stake holders dan penelitian awal untuk referensi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64619

Actions (login required)

View Item View Item