Pengaruh integrasi problem based learning dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dan kemampuan akademik terhadap metakognisi, berpikir kritis, pemahaman konsep, dan retensi mahasiswa pada perkuliahan biologi dasar di FMIPA Universitas Negeri Makassar / Muhiddin P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh integrasi problem based learning dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dan kemampuan akademik terhadap metakognisi, berpikir kritis, pemahaman konsep, dan retensi mahasiswa pada perkuliahan biologi dasar di FMIPA Universitas Negeri Makassar / Muhiddin P.

Muhiddin, P. (2012) Pengaruh integrasi problem based learning dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dan kemampuan akademik terhadap metakognisi, berpikir kritis, pemahaman konsep, dan retensi mahasiswa pada perkuliahan biologi dasar di FMIPA Universitas Negeri Makassar / Muhiddin P. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. dan (III) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata-kata Kunci PBL Jigsaw kemampuan akademik metakognisi berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi Pembelajaran di semua jenjang pendidikan termasuki perguruan tinggi sudah saatnya menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang menumbuhkan suasana belajar aktif pembelajaran yang memberdayakan kemampuan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis bukan pembelajaran yang hanya mementingkan pemahaman konsep semata. Kondisi pembelajaran Biologi Dasar di Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Makassar pada umumnya didominasi oleh strategi pembelajaran konvensional sehingga kemampuan metakoginisi dan keterampilan berpikir kurang diberdayakan. Strategi pembelajaran yang dapat menghubungkan pengalaman dunia nyata peserta didik pada materi perkuliahan dengan tanggung jawab individu sebagai tutor adalah strategi integrasi problem based learning (PBL) dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penerapan PBL dan pembelajaran kooperatif Jigsaw menyebabkan peserta didik dapat mengembangkan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis sehingga menjadi pebelajar mandiri dapat memecahkan masalah dan mampu bekerja sama dan pada akhirnya peserta didik memiliki pemahaman konsep dan retensi yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL pembelajaran kooperatif Jigsaw integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvensional terhadap metakognisi berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi mahasiswa berkemampuan akademik berbeda pada perkuliahan Biologi Dasar serta mengetahui hubungan antara kemampuan metakognisi dengan retensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 4 x 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang terdiri atas 4 jenis yaitu strategi PBL pembelajaran kooperatif Jigsaw integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvensional sebagai faktor A sedangkan faktor B yaitu kemampuan akademik yang terdiri atas kemampuan akademik atas dan bawah sebagai variabel moderator. Variabel terikatnya adalah kesadaran metakognisi keterampilan metakognisi keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep. dan retensi mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep Biologi Dasar terintegrasi MAI lembar observasi dan angket tanggapan mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar tetapi tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi. Strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw berpotensi meningkatkan keterampilan metakognisi keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi mahasiswa dibandingkan dengan strategi PBL pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvensional (2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi dan retensi mahasiswa tetapi tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep mahasiswa. Mahasiswa berkemampuan akademik bawah memiliki persentase perubahan nilai kesadaran dan keterampilan metakognisi keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep lebih tinggi daripada mahasiswa berkemampuan akademik atas tetapi sebaliknya pada retensi mahasiswa berkemampuan akademik bawah memiliki persentase lebih rendah dibanding mahasiswa berkemampuan akademik atas (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap kesadaran dan keterampilan metakognisi mahasiswa keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar (4) tidak ada hubungan antara kesadaran metakognisi dengan retensi mahasiswa tetapi ada hubungan antara keterampilan metakognisi dengan retensi mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar dan (5) Tanggapan mahasiswa terhadap strategi pembelajaran sejalan dengan hasil uji hipotesis bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep dan retensi serta sejalan dengan hasil uji hipotesis bahwa strategi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi. Tanggapan mahasiswa sejalan dengan hasil uji BNT bahwa strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik dibanding dengan ketiga strategi pembelajaran lainnya. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan dan kesimpulan disarankan (1) agar strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu dasar pengembangan ilmu pendidikan khususnya pengembangan strategi pembelajaran pada pendidikan biologi (2) instansi pendidikan nasional disarankan agar dapat mengembangkan pembelajaran student centered seperti PBL pembelajaran kooperatif Jigsaw dan integrasinya supaya peserta didik dapat diberdayakan kemampuan metakognisi dan keterampilan berpikir kritisnya (3) dosen pengampu mata kuliah Biologi Dasar khususnya dapat menerapkan strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif (4) dosen pengampu mata kuliah Biologi Dasar dapat menggunakan perangkat perkuliahan Biologi Dasar yang telah dikembangkan oleh peneliti atau sedapat mungkin dosen yang lain menjadikan acuan dalam penyusunan perangkat perkuliahan pada mata kuliah lainnya (5) dosen sebaiknya melakukan pembiasaan pengembangan kesadaran metakognisi bagi mahasiswa mulai semester awal (6) pimpinan Universitas Negeri Makassar yang terkait agar kiranya dapat mempertimbangkan penyediaan atau penataan ruangan yang dapat disetting untuk pelaksanaan perkuliahan yang menerapkan pembelajaran kooperatif dan (7) penelitian ini masih perlu ditindaklanjuti dengan penelitian lain yang menerapkan strategi pembelajaran yang tujuannya untuk memberdayakan keterampilan berpikir mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64617

Actions (login required)

View Item View Item