Pengaruh implementasi perangkat pembelajaran inkuiri terbuka dipadu NHT dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses biologi siswa SMA di Kabupaten Minahasa Utara / Femmy Roosje Kawuwung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi perangkat pembelajaran inkuiri terbuka dipadu NHT dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses biologi siswa SMA di Kabupaten Minahasa Utara / Femmy Roosje Kawuwung

Kawuwung, Femmy Roosje (2012) Pengaruh implementasi perangkat pembelajaran inkuiri terbuka dipadu NHT dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses biologi siswa SMA di Kabupaten Minahasa Utara / Femmy Roosje Kawuwung. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hedi Sutomo. S.U. (III) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati. M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi keterampilan proses kemampuan akademik. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah siswa mempunyai sumber belajar siswa mempunyai kesempatan belajar dan siswa mendapatkan keuntungan dari sumber belajar dan kesempatan. Implementasi pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini mengimplementasikan pembelajaran Inkuiri dan Numbered Heads Together (NHT) dan Inkuiri Terbuka dipadu NHT dengan melibatkan siswa akademik tinggi dan siswa akademik rendah. Tujuan Penelitian 1) Penelitian survai adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran umum pelaksanaan pembelajaran biologi SMA di Kabupaten Minahasa Utara. Mengetahui bagaimana pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses. 2) Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Lesson Study (LS) adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran Inkuiri Terbuka NHT Inkuiri Terbuka dipadu NHT yang dikembangkan melalui kegiatan LS. 3) Penelitian Eksperimen adalah a) untuk mengetahui apakah ada perbedaan strategi pembelajaran Inkuiri Terbuka NHT Inkuiri Terbuka dipadu NHT terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses b) untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses c) untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental Tes awal dan Tes akhir Non-equivalent Control Group-Design dengan menggunakan rancangan faktorial 4 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2011. Populasi penelitian adalah siswa kelas X/1 SMA di Kabupaten Minahasa Utara dengan jumlah sampel penelitian 241 siswa dari 8 sekolah. Penentuan sampel diawali dengan penentuan sekolah tempat penelitian berdasarkan UN yaitu SMA N 1 Airmadidi SMA N 1 Dimembe SMA Advent Tanah Putih SMA St. Xaverius Kema SMA N 1 Kauditan SMA N 1 Wori SMA Katolik Don Bosco Lembean dan SMA N 1 Likupang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik Tes awal dan Tes akhir menggunakan tes pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis inferensial parametrik anakova yang dilanjutkan dengan uji beda Least Significant Difference (LSD). Sebelum uji anakova terlebih dahulu dilakukan uji asumsi matematik atau persyaratan terhadap data hasil penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif analisis statistik anacova dan anava menggunakan program SPSS versi 17 pada alpha 0 05. Penelitian Survai bulan Nopember 2010 s/d Januari 2011 menunjukkan bahwa guru yang memahami pembelajaran berpusat pada siswa sebanyak 12 (57 14%) guru yang memahami pemahaman konsep sebanyak 2 (9 52%) guru yang memahami kemampuan berpikir tingkat tinggi sebanyak 5 (23 80%) dan guru yang memahami keterampilan proses sebanyak 6 (28 57%). Guru yang memahami Inkuiri Terbuka sebanyak 5 (23 80%) dan guru yang memahami NHT sebanyak 13 (61 90%). Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Lesson Study menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan perangkat strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses siswa. Pencapaian rata-rata terkoreksi pemahaman konsep biologi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses pada kelompok strategi pembelajaran inkuiri terbuka dipadu NHT (strategi paduan) lebih baik dari pada kelompok NHT kelompok inkuiri terbuka apalagi kelompok konvensional. Strategi pembelajaran yang berpengaruh sangat signifikan bagi peningkatan pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses secara berurutan dari yang tertinggi adalah strategi pembelajaran Inkuiri Terbuka dipadu NHT diikuti oleh strategi pembelajaran NHT Inkuiri Terbuka dan pembelajaran Konvensional. Terdapat pengaruh signifikan tingkat kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan proses. Tidak terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan tingkat kemampuan akademik siswa terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses. Hasil Penelitian eksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses siswa. Pencapaian rata-rata terkoreksi pemahaman konsep biologi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses pada kelompok strategi pembelajaran inkuiri terbuka dipadu NHT (strategi paduan) lebih baik dari pada kelompok inkuiri terbuka kelompok NHT dan kelompok konvensional. Strategi pembelajaran yang berpengaruh sangat signifikan bagi peningkatan pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses secara berurutan dari yang tertinggi adalah strategi pembelajaran Inkuiri Terbuka dipadu NHT diikuti oleh strategi pembelajaran Inkuiri Terbuka strategi pembelajaran NHT dan pembelajaran Konvensional. Terdapat pengaruh signifikan tingkat kemampuan akademik siswa terhadap pemahaman konsep. Tidak terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan tingkat kemampuan akademik siswa terhadap pemahaman konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses. Kesimpulan adalah pembelajaran biologi SMA Kabupaten Minahasa Utara berdasarkan observasi masih ada yang berpusat pada guru guru kurang memahami pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses biologi. Penggunaan perangkat strategi pembelajaran Inkuiri Terbuka dipadu NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses biologi. Guru untuk dapat menggunakan paradigma baru pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran Inkuiri Terbuka dipadu NHT. Pembelajaran tersebut terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses diikuti strategi pembelajaran inkuiri terbuka dan NHT.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64612

Actions (login required)

View Item View Item