Wahyuninghtyas, Dika (2017) Peningkatan hasil belajar tema organ tubuh manusia dan hewan melalui model problem basedf learning pada siswa kelas V SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Dika Wahyuninghtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuningtyas Dika. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci hasil belajar organ tubuh manusia dan hewan problem based learning Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada pembelajaran tema organ tubuh manusia dan hewan yang dilakukan di kelas V SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Dapat dilihat dari nilai siswa tahap pratindakan di mana 16 siswa (64%) belum tuntas belajar dan hanya 9 siswa (36%) yang sudah tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Selama pembelajaran siswa cenderung pasif karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Guru juga sama sekali tidak menggunakan media selama mengajar yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan model Problem Based Learning pada tema organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari dua siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan peneliti sebagai guru dan guru kelas V sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81 6% dengan kriteria baik meningkat menjadi 91% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Begitu pula nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 84 5% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kriteria sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan sikap dan keterampilan. Rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan tahap pra tindakan yang hanya mencapai 61 dengan ketuntasan klasikal 36% meningkat menjadi 87 dengan ketuntasan klasikal 100% di akhir siklus II. Aspek sikap dan keterampilan dari siklus I sampai II juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning yang diterapkan pada tema organ tubuh manusia dan hewan dapat dilaksanakan guru dengan baik dan diikuti siswa dengan baik pula sesuai langkah-langkah model Problem Based Learning serta dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model Problem Based Learning pada materi pembelajaran lainnya. ABSTRACT Wahyuningtyas Dika. 2017. Improvement Learning Outcomes on The Theme Organ of The Human Body and Animals Through Problem-Based Learning Model on The Fifth Grade Students of SDN 02 Gandusari Trenggalek Regency. Sarjana Thesis Study Program S1 Teacher Education Elementary School Department of Primary School and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Keywords learning outcomes organ of human body and animal problem-based llearning model Based on the results of interviews and observations on the theme organ of the human body and animals conducted in class V SDN 02 Gandusari Trenggalek Regency showed student learning outcomes are still low. Can be seen from the pre-action students prestige score where 16 students (64%) have not completed learning and only 9 students (36%) who have completed learning. It shows that students are less understanding of the subject matter. During learning students tend to be passive because teachers only use lecture methods. Teachers alike do not use the instructional media during teaching that affects the students to the learning material so that the learning outcomes are low. This research was conducted to know and explain the implementation of Problem Based Learning model on the theme organ of the human body and animal in class V SDN 02 Gandusari Trenggalek Regency. This study uses a qualitative approach the type of research used is a classroom action research and consists of two cycles. The stages of each cycle consist of planning execution observation and reflection. Data collection is done through tests observations interviews and notes. The subjects of the study were students of grade V with the researchers as teachers and class V teachers as observers. The result of the research is as follows the average value of student activity in cycle I with 81 6% with good criterion increased to 91% in cycle II with very good criterion. Similarly the average teacher activity in cycle I with 84 5% with good criteria increased in cycle II to 95% with very good criteria. There are improvements in knowledge learning outcomes attitudes and skills. Average learning outcomes of the pre-action stage of learning that only reached 61 with 36% classical completeness increased to 87 with 100% classical completeness at the end of cycle II. Attitudes and skills aspects from cycles I to cycles II also increased. Based on the result of the research it can be concluded that the problem-based learning model applied to the theme organ of the human body and animal can be done by the teacher well and follow the students well according to the steps of Problem Based Learning model and can increase the average of student learning outcomes. It is suggested that teachers can develop Problem Based Learning model on other learning materials.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6461 |
Actions (login required)
View Item |