Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri melalui kegiatan lesson study dan pengaruh emplementasinya terhadap hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akdemik berbeda di SMP Negeri Kota Mataram / Agus Ramdani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri melalui kegiatan lesson study dan pengaruh emplementasinya terhadap hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akdemik berbeda di SMP Negeri Kota Mataram / Agus Ramdani

Ramdani, Agus (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri melalui kegiatan lesson study dan pengaruh emplementasinya terhadap hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akdemik berbeda di SMP Negeri Kota Mataram / Agus Ramdani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim M.Pd. dan (III) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran inkuiri lesson study hasil belajar IPA Biologi keterampilan berpikir kritis kemampuan akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) adanya tantangan dalam mempersiapkan peserta didik berkualitas dengan karakteristik di antaranya memiliki kecakapan berpikir kritis (2) adanya perubahan paradigma pendidikan yang diarahkan pada pengembangan kompetensi siswa dalam melakukan tugas-tugas akademik berdasarkan standar tertentu (3) adanya reorientasi tujuan pelajaran IPA di SMP yang menekankan pada inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi (4) adanya gambaran tentang upaya pemberdayaan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran IPA Biologi belum dilakukan secara terencana (by design) di sekolah (5) adanya berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru yang di antaranya melalui kegiatan lesson study (6) adanya fakta bahwa peserta didik telah dikelompokkan atau mengelompok secara alami berdasarkan kemampuan akademik dan (7) perlunya menemukan strategi pembelajaran yang sesuai pada tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Bertitik tolak dari latar belakang tersebut dirumuskan masalah utama penelitian ini yaitu (1) bagaimana pola pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri melalui kegiatan lesson study (2) adakah perbedaan hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri level 1 inkuiri level 2 inkuiri level 3 dan strategi konvensional (3) adakah perbedaan hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis antara siswa berkemampuan akademik atas dan bawah setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri level 1 level 2 level 3 dan strategi konvensional (4) adakah pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (inkuiri level 1 inkuiri level 2 inkuiri level 3 dan konvensional) dan kemampuan akademik siswa (atas dan bawah) terhadap hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa Penelitian dilakukan dalam dua tahapan yakni (1) penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri dan (2) penelitian eksperimen untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh variabel bebas (strategi pembelajaran) dan variabel moderator (kemampuan akademik siswa) terhadap variabel terikat (hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa). Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada prosedur model pengembangan 4-D (Define Design Develop dan Disseminate) dengan mengintegrasikan kegiatan lesson study di dalam tahapannya. Pada tahapan pengembangan (develop) dari prosedur model pengembangan 4-D dilakukan kegiatan lesson study yang diawali dengan tahapan plan (perencanaan) yaitu peneliti bersama dengan guru mitra secara kolaboratif mengembangkan perangkat pembelajaran. Selanjutnya tahapan do (pelaksanaan) dan see (refleksi) dilaksanakan di kelas-kelas setelah keseluruhan perangkat pembelajaran tersedia. Dalam penelitian ini tahapan ke-empat dari prosedur model pengembangan 4-D (tahap disseminate) belum dapat dilaksanakan. Penelitian eksperimen dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII pada 23 SMP N di Kota Mataram. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel penelitian adalah stratified random sampling. Penarikan sampel penelitian diawali dengan menentukan kriteria sekolah berdasarkan nilai UASBN input siswa pada saat jenjang SD. Pada masing-masing kelas yang telah terpilih secara random (8 kelas) selanjutnya ditentukan masing-masing 25 siswa berkemampuan akademik atas atau bawah berdasarkan nilai UASBN yang dimilikinya. Jumlah sampel secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah 200 orang siswa. Empat macam perlakuan yang diberikan adalah implementasi strategi pembelajaran inkuiri level 1 level 2 level 3 dan konvensional pada masing-masing kelas. Data dianalisis dengan Anakova pada taraf signifikansi 5%. Dari penelitian pengembangan diperoleh pengalaman berharga dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan kegiatan lesson study yaitu dihasilkannya perangkat pembelajaran yang optimal dalam membelajarkan siswa berinkuiri meningkatnya motivasi guru dalam melakukan pembelajaran dan pada akhirnya ditemukan adanya peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah proses pembelajaran. Dari penelitian eksperimen diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri level 1 inkuiri level 2 inkuiri level 3 dan strategi konvensional (2) ada perbedaan hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis antara siswa berkemampuan akademik atas dan bawah setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri level 1 level 2 level 3 dan strategi konvensional dan (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik siswa terhadap hasil belajar IPA Biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran inkuiri dalam berbagai level dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA Biologi SMP dan berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Pemilihan level tertentu dalam strategi pembelajaran inkuiri hendaknya memperhatikan kondisi kemampuan akademik siswa serta sarana pendukung yang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru-guru IPA Biologi SMP di kota Mataram khususnya untuk selalu berusaha semaksimal mungkin menerapkan strategi pembelajaran ini sehingga hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dapat terus ditingkatkan. Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang bermutu dan dapat diimplementasikan dengan baik di kelas dipandang perlu ada proses pengkondisian dan pembiasaan kepada guru. Kegiatan lesson study yang dilakukan secara kolaboratif dapat digunakan sebagai salah satu cara yang efektif untuk memenuhi proses dimaksud.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64608

Actions (login required)

View Item View Item