Sunariyati, Siti (2012) Pengetahuan lokal masyarakat suku Dayak Ngaju dalam memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan kajian untuk pengintegrasian etnobotani pada kurikulum sekolah dasar di wilayah pedalaman Kalimantan / Siti Sunariyati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengetahuan lokal etnobotani suku Dayak Ngaju wilayah pedalaman. Pengetahuan lokal adalah pengetahuan yang dikembangkan berdasarkan pengalaman yang telah diuji penggunaannya selama berabad-abad telah diadaptasikan dengan budaya dan lingkungan setempat (lokal) serta bersifat dinamis. Pengetahuan lokal masyarakat suku Dayak Ngaju di wilayah Kapuas Tengah Kalimantan Tengah ada yang meyakini jenis tumbuhan tertentu sebagai penanda tempat terdapatnya emas. Pengalaman penambang emas merupakan salah satu contoh pengetahuan lokal yang perlu dikaji secara ilmiah melalui etnobotani. Tujuan penelitian ini adalah (1) mempelajari pengetahuan etnobotani masyarakat suku Dayak Ngaju di wilayah penambangan emas Kapuas Tengah (2) menginventarisasi dan mengidentifikasi beberapa jenis tumbuhan yang dimanfaatkan masyarakat sebagai indikator terdapatnya emas dan (3) mengimplementasikan hasil penelitian untuk pembelajaran etnobotani. Kegiatan penelitian ini terdiri dari tiga tahap Tahap I adalah penelitian etnobotani dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk menggali pengetahuan lokal digunakan metode observasi partisipatif dan wawancara mendalam (indepth interview). Tahap II adalah identifikasi jenis-jenis tumbuhan di wilayah penambangan emas yang diyakini penduduk setempat sebagai indikator keberadaan emas. Tahap III merupakan tahap implementasi hasil penelitian setelah dilakukan analisis kebutuhan (SD di wilayah pedalaman) selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk pembelajaran etnobotani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat suku Dayak Ngaju di wilayah Kapuas Tengah memiliki pengetahuan lokal tentang pemanfaatan tumbuhan untuk keperluan pangan industri obat-obatan dan di bidang pertambangan. Hal ini perlu didokumentasikan dan diajarkan pada generasi penerus agar tidak hilang. Salah satu cara penyampaian pengetahuan lokal masyarakat dapat ditempuh melalui jalur pendidikan formal dengan cara mengintegrasikan materi etnobotani ke dalam kurikulum dan buku ajar. Mengingat pentingnya materi etnobotani untuk dibelajarkan pada siswa maka disarankan untuk sekolah dasar yang ada di wilayah pedalaman yang karakteristik wilayahnya berada di lingkungan hutan dapat diberikan pembelajaran etnobotani yang disesuaikan dengan wilayah setempat.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |