Tumbel, Ferny Margo (2012) Pengaruh strategi pembelajaran cooperative script dipadu problem posing dan kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi pada SMA di Kota Bitung Sulawesi Utara / Ferny Margo Tumbel. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. D. Corebima M.Pd. (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. (III) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Cooperative script problem posing keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep. Tujuan pendidikan abad 21 adalah menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) agar siswa dapat beradaptasi dengan perubahan zaman yang semakin cepat. Tujuan pendidikan secara global ini belum banyak diterapkan dalam pembelajaran karena pembelajaran sains masih didominasi oleh paradigma content transmission atau pemindahan informasi dari guru ke siswa padahal pendekatan ini hanya cocok bagi siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata tetapi tidak cocok bagi siswa yang memiliki kemampuan rendah. Pembelajaran sains yang lebih menekankan pada kemampuan siswa mengumpulkan informasi tentang sains belum membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman tentang ide-ide tersebut atau mengaplikasikan konsep-konsep pada kondisi nyata (real world) diluar sekolah. Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran Cooperative script Problem posing dan gabungan antara kedua pembelajaran tersebut dalam meningkatkan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa berkemampuan akademik tinggi dan akademik rendah pada SMA di kota Bitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pre-post test non-equivalent control group design dengan pola faktorial 4 x 2. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik Anacova dan dilanjutkan dengan uji LSD pada taraf signifikansi 0 05. Hasil analisis data secara inferensial memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa. Rata-rata pemahaman konsep yang paling tinggi terlihat pada strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dengan rata-rata sebesar 81 18. Kemudian rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok strategi pembelajaran Cooperative script sebesar 78 64 rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok strategi pembelajaran Problem posing sebesar 75 83 dan yang paling terendah adalah rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok strategi pembelajaran konvensional sebesar 71 30. Rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok siswa akademik tinggi adalah sebesar 79 12 dan rata-rata pemahaman konsep siswa akademik rendah yaitu 74 36. Rata-rata pemahaman konsep siswa pada strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dan akademik tinggi (83 99) tidak berbeda nyata dengan rata-rata pemahaman konsep siswa pada strategi pembelajaran Cooperative script dan akademik tinggi (79 69) tetapi berbeda nyata dari rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok strategi pembelajaran Problem posing dan akademik tinggi (78 84) dan rata-rata pemahaman konsep siswa pada strategi pembelajaran konvensional dan akademik tinggi (73 98). Selanjutnya rata-rata pemahaman konsep siswa pada strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dan akademik tinggi berbeda nyata dari rata-rata pemahaman konsep siswa pada strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dan akademik rendah(78 38). Hasil analisis kemampuan berpikir siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir siswa. Rata-rata kemampuan berpikir siswa yang paling tinggi terlihat pada kelompok strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dengan rata-rata sebesar 79 00. Kemudian rata-rata kemampuan berpikir siswa pada kelompok strategi pembelajaran Cooperative script sebesar 74 40. Rata-rata kemampuan berpikir siswa pada kelompok strategi pembelajaran Problem posing sebesar 72 68 dan rata-rata kemampuan berpikir siswa pada kelompok strategi pembelajaran konvensional sebesar 68 15. Rata-rata kemampuan berpikir siswa pada kelompok siswa akademik tinggi adalah sebesar 75 63 berbeda nyata dari rata-rata kemampuan berpikir siswa pada kelompok siswa akademik rendah sebesar 71 49. Rata-rata kemampuan berpikir siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing (82 10) berbeda nyata dari rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran Problem posing (75 66) dengan strategi pembelajaran Cooperative script (75 53) dan dari rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional (69 24). Hasil analisis keterampilan metakognitif siswa menunjukkkan ada pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif siswa. Rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada kelompok strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing (63 73) berbeda nyata dari rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada kelompok strategi pembelajaran Cooperative script (61 16) pada kelompok strategi pembelajaran Problem posing (58 78) dan dari rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada kelompok strategi pembelajaran konvensional (55 47). Rata-rata keterampilan metakognitif siswa kelompok akademik tinggi adalah sebesar 61 74 berbeda nyata dari rata-rata keterampilan metakognitif siswa akademik rendah sebesar 57 83. Rata-rata keterampilan metakognitif siswa akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing (66 44) berbeda nyata dari rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran Cooperative script (63 04). Rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi pada strategi pembelajaran Problem posing (61 01) dan dari rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi pada strategi pembelajaran konvensional (56 45). Hasil analisis juga memperlihatkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik tinggi pada strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing berbeda nyata dari rata-rata kemampuan berpikir siswa akademik rendah yang belajar dengan strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing (61 03)
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |