Kajian perkuliahan dan asesmen genetika dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan retensi mahasiswa jurusan biologi S1 dan S2 Universitas Negeri Malang / Herry Maurits Sumampouw - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian perkuliahan dan asesmen genetika dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan retensi mahasiswa jurusan biologi S1 dan S2 Universitas Negeri Malang / Herry Maurits Sumampouw

Sumampouw, Herry Maurits (2012) Kajian perkuliahan dan asesmen genetika dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan retensi mahasiswa jurusan biologi S1 dan S2 Universitas Negeri Malang / Herry Maurits Sumampouw. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. A D. Corebima M.Pd. 2) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. 3) Prof. Dr. Endang Susantini M.Pd. Kata Kunci Asesmen metakognitif berpikir tingkat tinggi keterampilan proses retensi. Semenjak tahun 1989 Corebima telah melakukan revisi terhadap pengertian genetika berdasarkan hasil kajian atas dasar konsep selama mengampu perkuliahan genetika di Jurusan Biologi UM. Hasil kajian yang dilakukan adalah merubah pendekatan perkuliahan dari pendekatan sejarah (historical approach) menjadi pendekatan konsep (conceptual approach). Pengertian genetika yang sekaligus menjadi pokok perkuliahan genetika pada Jurusan Biologi UM adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari materi genetika yang meliputi strukturnya reproduksinya kerjanya (ekspresinya) perubahan dan rekombinasinya keberadaannya dalam populasi serta perekayasaan. Atas dasar pengertian genetika tersebut genetika bukan hanya terbatas pada kajian yang terkait dengan pewarisan sifat-sifat keturunan seperti pengertian genetika yang dianut pada beberapa referensi lainnya tetapi pada defenisi ini pengertian genetika juga memperlihatkan tujuh konsep penting yang dipelajari dalam genetika. Perkuliahan genetika yang dilakukan di Jurusan Biologi UM terdiri dari dua rangkaian kegiatan yaitu kegiatan teori dan praktikum. Secara konseptual awal pengembangan pembelajaran genetika di Jurusan Biologi UM tidak merujuk pada suatu pendekatan atau strategi pembelajaran tertentu tetapi memperlihatkan pola pembelajaran yang relevan dengan beberapa strategi pembelajaran sekaligus. Struktur perkuliahan di Jurusan Biologi UM memperlihatkan pola pembelajaran yang mewajibkan mahasiswa membaca kemudian membuat pertanyaan dan jawaban secara mandiri berdasarkan materi bacaan. Pola pembelajaran yang dikembangkan pada perkuliahan genetika memperlihatkan pembelajaran kooperatif karena berpusat pada keaktifan mahasiswa (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkuliahan dan asesmen genetika yang dilakukan di Jurusan Biologi UM dalam memberdayakan keterampilan metakognitif berpikir tingkat tinggi keterampilan proses sains dan daya retensi mahasiswa pada mahasiswa S1 yang mengikuti perkuliahan genetika I dan genetika II di Program Studi Pendidikan Biologi dan Biologi serta mahasiswa S2 yang mengikuti perkuliahan genetika dengan latar belakang dosen dan non-dosen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang model perkuliahan dan asesmen genetika di Jurusan Biologi UM. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi tes hasil belajar yang telah divalidasi dan uji reliabilitas serta rubrik penskoran. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif yaitu mendeskripsikan proses perkuliahan dan asesmen genetika dan anakova yang digunakan untuk melihat perbedaan keterampilan metakognitif berpikir tingkat tinggi daya retensi serta anova untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains berdasarkan jenjang pendidikan S1 yang terdiri dari kelas pendidikan dan non-kependidikan semester genap tahun ajaran 2009/2010 dan semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 serta S2 berdasarkan kategori dosen dan non-dosen semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan genetika secara teoritis memiliki tujuh topik dengan sub-sub topiknya dan 16 tema kegiatan praktikum berbasis proyek dan tiga tema kegiatan berbasis klasikal. Perkuliahan genetika menunjukkan model pembelajaran kooperatif yang berlandaskan filosofi konstruktivisme yang berpusat pada mahasiswa (student-centered). Strategi yang teramati berupa sintaks atau langkah-langkah yaitu RQA (Reading Questioning and Answering). Macam asesmen yang dilakukan berjumlah 22 asesmen yang tersebar pada asesmen alternatif dan asesmen tradisional. Perkuliahan dan asesmen genetika semacam ini dapat mengembangkan keterampilan metakognitif berpikir tingkat tinggi daya retensi dan keterampilan proses. Perkuliahan ini dapat mengembangkan kemampuan bertanya kemampuan berpikir meningkatkan motivasi kerja kelompok dan komunikasi antar kelompok. Rata-rata daya retensi mahasiswa S1 meningkat sedangkan rata-rata daya retensi mahasiswa S2 menurun. Keterampilan metakognitif mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi dan Biologi tidak berbeda secara signifikan sedangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi daya retensi dan keterampilan proses sains berbeda signifikan. Mahasiswa S2 antara dosen dan non-dosen keterampilan metakognitif berpikir tingkat tinggi daya retensi dan keterampilan proses sains tidak berbeda signifikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64599

Actions (login required)

View Item View Item