Pengembangan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan sains, teknologi, dan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku peserta didik / Eni Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan sains, teknologi, dan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku peserta didik / Eni Setyowati

Setyowati, Eni (2011) Pengembangan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan sains, teknologi, dan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku peserta didik / Eni Setyowati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. dan (III) Dr. Ir. Harry Soekotjo Dachlan M.Sc. Kata kunci modul multimedia pengelolaan sampah pengetahuan sikap perilaku Penelitian dan pengembangan produk ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang terdiri dari (1) modul tertulis dan multimedia interaktif yang disimpan dalam compact disk (CD). Alasan dilakukan penelitian dan pengembangan produk ini ialah adanya permasalahan bahan ajar mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup di SMA Kabupaten Tulungagung. Bahan ajar yang ada masih menekankan pada aspek kognitif saja. Pengembang beranggapan bahwa pemecahan masalah dengan produk akan menjadi salah satu alternatif pemecahan atas ketidakberhasilan pembelajaran pengelolaan sampah di sekolah. Selain itu pengembang juga beranggapan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berbantuan komputer yang berdasarkan prinsip pembelajaran memudahkan belajar peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan siklus penelitian dan pengembangan Borg Gall (1985) yang dimodifikasi. Alasan pemilihan penelitian dan pengembangan (R D) ini ialah karena R D ialah metode yang sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan ini dan R D memiliki beberapa karakter yang sesuai dalam proses pengembangan produk bahan ajar yang ideal diantaranya R D dapat melibatkan kolaborasi berkelanjutan antara praktisi dan peneliti serta dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Data diperoleh melalui serangkaian uji coba yang dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi (1) data dari uji validitas oleh pakar dan praktisi lapangan untuk mereview produk pengembangan dan (2) data dari uji coba lapangan skala kecil dan skala besar untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk pengembangan. Data yang berasal dari pakar digunakan untuk analisis isi yang dilakukan dengan mengelompokkan informasi-informasi yang berupa masukan tanggapan dan saran perbaikan. Hasil analisis ini kemudian digunakan sebagai dasar untuk mereview produk yang dikembangkan. Data dari uji coba lapangan dianalisis dengan patokan acuan penilaian (PAP) Universitas Negeri Malang dan gain score ternormalisasi yang digunakan untuk menganalisis nilai pre test dan post test. Berdasarkan hasil uji validitas dari pakar dan praktisi lapangan dinilai sangat layak. Berdasarkan uji coba lapangan skala kecil diperoleh nilai pre test pengetahuan sebesar 76 40% tergolong tinggi nilai post test pengetahuan sebesar 95 28% tergolong sangat tinggi. Nilai pre test sikap sebesar 83 12% tergolong tinggi nilai post test sikap sebesar 93 24% tergolong sangat tinggi. Nilai pre test manifestasi perilaku sebesar 60 43% tergolong cukup nilai post test manifestasi perilaku sebesar 83 48% tergolong tinggi. Gain score pada pengetahuan peserta didik terhadap materi pengelolaan sampah sebesar 0 8 tergolong tinggi. Gain score pada sikap peserta didik terhadap sampah sebesar 0 6 tergolong cukup. Gain score manifestasi perilaku sebesar 0 5 tergolong cukup. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pengetahuan sikap dan manifestasi perilaku peserta didik mengalami kenaikan setelah pembelajaran dengan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan STM. Berdasarkan uji coba lapangan skala luas diperoleh nilai pre test pengetahuan sebesar 80 65% tergolong tinggi nilai post test pengetahuan sebesar 96 27% tergolong sangat tinggi. Nilai pre test sikap sebesar 81 23% tergolong tinggi nilai post test sikap sebesar 97 98% tergolong sangat tinggi. Nilai pre test manifestasi perilaku sebesar 68 82% tergolong cukup nilai post test manifestasi perilaku sebesar 94 89% tergolong tinggi. Gain score pada pengetahuan peserta didik terhadap materi pengelolaan sampah sebesar 0 80 tergolong tinggi. Gain score pada sikap peserta didik terhadap sampah sebesar 0 86 tergolong sangat tinggi. Gain score manifestasi perilaku sebesar 0 84 tergolong tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pengetahuan sikap dan manifestasi perilaku peserta didik mengalami kenaikan setelah pembelajaran dengan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan STM. Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa semua tahap kegiatan dapat dikerjakan dengan sangat baik. Peserta didik terlihat antusias dan dapat meningkatkan peran guru sebagai fasilitator. Ini menunjukkan bahwa modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan STM dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku peserta didik. Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian dan pengembangan antara lain 1) bagi guru penerapan modul multimedia ini akan lebih baik manfaatnya jika dilakukan persiapan secara matang dan guru menjadi lebih kreatif menampilkan pembelajaran yang inovatif tidak membosankan bagi peserta didik serta lebih memudahkan peserta didik untuk memahami materi pengelolaan sampah 2) bagi lembaga atau dinas terkait produk ini dapat digunakan sebagai media alat atau sarana dalam strategi penyampaian pesan pada proses pembelajaran dari seorang pendidik kepada peserta didik 3) bagi peserta didik produk ini akan lebih baik manfaatnya jika peserta didik sudah mempelajari terlebih dahulu petunjuk pembelajaran dan sudah tahu mengoperasikan multimedia serta membaca secara runtut dari awal sampai akhir 4) saran terhadap disemiansi produk ialah agar produk ini dapat disebarkan secara luas baik kepada peserta didik di tingkat SMA atau di masyarakat luas dan 5) saran untuk pengembangan lebih lanjut ialah diharapkan dapat menambah tampilan yang lebih bervariasi dan dapat mengangkat tema yang lain serta dapat menambahkan dengan perangkat lunak lain agar produk lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64595

Actions (login required)

View Item View Item