Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan ketentuan kurikulum 2013 / Atika Dwi Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan ketentuan kurikulum 2013 / Atika Dwi Cahyaningrum

Cahyaningrum, Atika Dwi (2017) Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan ketentuan kurikulum 2013 / Atika Dwi Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum Atika Dwi. 2017. Analisis Kesesuaian Isi Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016 dengan Ketentuan Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci analisis kesesuaian buku siswa kelas IV kurikulum 2013 Berdasarkan kajian awal ditemukan kekurangsesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku siswa kelas IV edisi revisi 2016 tema 5 Pahlawanku subtema 1 pembelajaran 4. Pada pembelajaran tersebut terdapat KD PPKn 3.1 dan 4.1 tentang hubungan simbol dengan sila Pancasila namun pada buku siswa tidak memuat materi yang terkait dengan KD tersebut. Sehingga diperlukan analisis lebih lanjut mengenai kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan ketentuan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan indikator dalam Kurikulum 2013 (2) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 (3) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan kompetensi dasar dan indikator dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu kompetensi dasar indikator materi pembelajaran pada buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 yang terdiri dari 5 tema. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mencocokkan antara data yang dianalisis dengan aspek-aspek yang tercantum dalam instrumen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan indikator tergolong sangat kurang sesuai dengan persentase masing-masing tema sebesar 0% dan kekurangsesuaiannya sebesar 100% (2) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan kompetensi dasar pada masing-masing tema tergolong sangat kurang sesuai dengan persentase masing-masing tema sebesar 0% dan kekurangsesuaiannya sebesar 100% (3) kesesuaian isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 dengan kompetensi dasar dan indikator pada masing-masing tema tergolong sangat kurang sesuai dengan persentase masing-masing tema sebesar 0% dan kekurangsesuaiannya sebesar 100%. Disarankan agar guru lebih cermat dalam melihat kesesuaian isi buku siswa dengan ketentuan Kurikulum 2013 dan penulis buku dapat memperbaiki kualitas isi buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2016 agar sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6459

Actions (login required)

View Item View Item