Prasetyo, Andreas Priyono Budi (2010) Kajian latar belakang pendidikan, kultur sekolah, persepsi, sikap, motivasi intrinsik, dan kesadaran metakognitif guru serta dampaknya terhadap implementasi paradigma belajar pada pembelajaran IPA-Biologi: studi empiris pada sekolah binaan MBE-USAID Jawa Tengah / Andrea. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Latar Belakang Pendidikan Kultur Sekolah Persepsi Sikap Moti-vasi Intrinsik Kesadaran Metakognitif Paradigma Belajar Pembelajaran IPA-Biologi. Usaha peningkatan mutu pendidikan IPA Sekolah Dasar termasuk didalamnya Biologi (IPA-Biologi) melalui berbagai pelatihan guru pada dasarnya adalah usaha penerapan paradigma alternatif pembelajaran suatu cara pandang baru tentang hakikat pembelajaran. Pembelajaran tidak lagi dimaknai sebagai usaha guru mengajar atau memberi ilmu kepada siswa (teaching paradigm) tetapi lebih merupakan usaha menciptakan proses belajar bagi siswa (learning paradigm). Sekalipun guru sering dilatih umumnya guru kembali kepada paradigma lama yaitu paradigma mengajar. Masih sedikit informasi bahwa guru menerapkan paradigma belajar bagi peningkatan mutu belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji hubungan kasualitas (dampak) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi paradigma belajar yaitu latar belakang pendidikan guru kultur sekolah yang dirasakan guru persepsi sikap motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif guru. Jenis penelitian adalah penelitian non-eksperimental dan konfirmatoris. Paradigma belajar diterjemahkan sebagai praktik pembelajaran yang mengaktifkan kreatif efektif menyenangkan (PAKEM). Salah satu lembaga donor yang membantu implementasi PAKEM di Jawa Tengah adalah proyek Managing Basic Education (MBE)-USAID periode 2003-2007. Populasi adalah semua guru (458 orang) yang mengajar di kelas III IV V dan VI di SD/MI binaan MBE-USAID dari kabupaten Pati Semarang Kota Magelang Purworejo Sukoharjo Kebumen Purbalingga dan Banyumas. Sampel penelitian adalah sebagian guru (187 orang) yang mengajar di sekolah-sekolah binaan MBE-USAID di kabupaten Purbalingga Banyumas dan Pati. Teknik pen-gambilan sampel dilakukan secara random. Data latar belakang pendidikan di-himpun dengan instrumen angket. Kultur sekolah diukur dengan scaling pengu-kuran psikologi yang terdiri atas 39 item pernyataan. Persepsi diukur dengan scaling pengukuran psikologi yang terdiri atas 40 item. Sikap diukur dengan scaling pengukuran psikologi yang terdiri atas 39 item. Motivasi intrinsik diukur dengan scaling pengukuran psikologi yang terdiri atas 51 item yang dikembang-kan dari Instrinsic Motivation Inventory (IMI). Kesadaran Metakognitif diukur dengan scaling pengukuran psikologi yang terdiri atas 49 item yang dikembang-kan dari Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Implementasi PAKEM IPA diukur dengan kuesioner yang tersusun atas 20 pertanyaan ketrampilan generik guru 60 pertanyaan PAKEM IPA-Biologi pada materi mahluk hidup dan proses kehidupan kelas III IV V dan VI dan 13 pernyataan aspek senang dalam PAKEM IPA-Biologi. Validitas instrumen diuji dengan analisis butir (corrected item-total correlation) dari Reliability Analysis program SPSS for Windows 16. Reliabilitas instrumen ditetapkan melalui uji 945 Alpha Cronbach pada Reliability Analysis program SPSS for Windows 16. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa semua instrumen menunjukkan validitas dan reliabilitas tinggi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis data deskriptif dilakukan dengan crosstab (tabulasi silang) bantuan pro-gram komputer SPSS for windows 16. Analisis statistik inferensial (uji hipotesis) dilakukan dengan analisis model regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis) dengan program aplikasi SPSS for Windows 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang baik 39 6% dengan kultur sekolah yang kondusif 39 6% dengan persepsi positif 34 8% sikap positif 41 2% dan kesadaran metakognitif kuat 41 7%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkann latar belakang pendidikan kultur sekolah persepsi sikap motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif secara simultan berdampak langsung signifikan terhadap tingkat implementasi PAKEM IPA-Biologi (F 4 389 p 0 000). Secara parsial latar belakang pendidikan guru berdampak langsung signifikan pada tingkat penerapan PAKEM IPA-Biologi (Py1 0 149 p 0 039). Secara parsial analisis model stepwise menunjukkan sikap dan motivasi intrinsik berdampak langsung signifikan terhadap implementasi PAKEM IPA-Biologi. Analisis jalur menunjukkan bahwa latar belakang pendi-dikan berdampak langsung signifikan terhadap tingkat penerapan PAKEM kul-tur sekolah berdampak pada kesadaran metakognitif (P62 0 458 p 0 000) kul-tur sekolah persepsi dan sikap secara simultan berdampak signifikan terhadap motivasi intrinsik (F 154 139 p 0 000). Besar sumbangan model regresi linier berganda 12 8 % yang berarti bahwa tingkat penerapan PAKEM IPA-Biologi da-pat diprediksi oleh variabel-variabel latar belakang pendidkan kultur sekolah persepsi sikap motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif sebesar 12 8%. Berdasarkan temuan penelitian disarankan bahwa program pelatihan guru pada mata pelajaran IPA-Biologi perlu berfokus pada penerapan paradigma belajar (PAKEM) dan diintesifkan pengelolaannya untuk mendukung ketercapaian standar proses pembelajaran (PP No 19 Tahun 2005). Keberlanjutan suatu program pelatihan guru (sustainability) perlu mengintegrasikan faktor-faktor disposisi guru dan faktor eksternal lainnya oleh sebab itu disarankan ketersediaan dukungan fasilitas dan kebijakan-kebijakan yang mendukung PAKEM perlu disediakan oleh pengambil kebijakan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64589 |
Actions (login required)
View Item |