Pengembangan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global dan pengaruhnya terhadap kecakapan hidup (life skills), motivasi, dan prestasi belajar kognitif siswa sekolah dasar di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Amram Rede - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global dan pengaruhnya terhadap kecakapan hidup (life skills), motivasi, dan prestasi belajar kognitif siswa sekolah dasar di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Amram Rede

Rede, Amram (2010) Pengembangan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global dan pengaruhnya terhadap kecakapan hidup (life skills), motivasi, dan prestasi belajar kognitif siswa sekolah dasar di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Amram Rede. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan penerapan pendidikan holistik yang melihat sesuatu masalah dari berbagai sudut pandang keilmuan (multidisipliner). Pemanasan global (global warming) merupakan permasalahan yang kompleks dan penanganannya diharapkan secara holistik. Pembelajaran tematik dipandang sebagai pilihan tepat membelajarkan pemanasan global kepada siswa Sekolah Dasar. Penerapan keilmuan multidisipliner dalam penelitian ini diarahkan pada 7 mata pelajaran meliputi Matematika IPA Bahasa Indonesia IPS Penjas-Kes Seni Budaya dan Keterampilan serta Bahasa Ingris. Tujuan penelitian adalah mengembangkan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global. Penelitian dibagi dalam 2 tahap yaitu tahap penelitian pengembangan dan tahap penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan meliputi pengembangan tema dan pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan tema bertujuan mengembangkan tema sentral pemanasan global menjadi beberapa subtema tuntutan ekonomi hutan kondisi-kondisi lingkungan emisi gas buangan udara sehat kerajinan dari sampah organik dan kebakaran hutan. Tahapan ini mengadopsi model pengembangan Tarmizi (2008). Selanjutnya subtema yang bersesuai berpasangan dengan mata pelajaran. Setiap mata pelajaran dikembangkan mengacu model pengembangan Kemp (1994) yang telah diadaptasi. Penelitian eksperimen bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap kesadaran diri (Self Awareness) siswa Sekolah Dasar dalam menyikapi persoalan pemanasan global (Global Warming). Data dikumpulkan menggunakan rubrik berupa asesmen performa. Uji hipotesis menggunakan Anava dengan bantuan program SPSS 16. Sebanyak 118 siswa kelas 5 yang berasal dari 4 SDN terjaring sebagai subjek penelitian. Ke 4 SDN terpilih berasal dari 23 SDN di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang menjadi sampel. Sampel pertimbangan (purposive sampling) digunakan dengan alasan ke 4 SDN terpilih berdekatan dengan stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai sumber belajar pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan pengimplementasian perangkat pembelajaran tematik berpengaruh sangat nyata terhadap kesadaran diri dengan nilai probability of error ( 61554 ) 0 00 lebih kecil dari standard error ( 61537 ) 0 05 yang ditetapkan. Bahkan lebih kecil dari ( 61537 ) 0 01. Hasil anava hipotesis juga menunjukkan nilai LSD sebesar 72 82. Pengimplementasian perangkat pembelajaran tematik berpotensi meningkatkan kesadaran diri dalam menyikapi permasalahan Global Warming. Kata kunci pembelajaran tematik kesadaran diri self awareness dan pemanasan global. )Alumni PPS Universitas Negeri Malang Tahun 2010.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64587

Actions (login required)

View Item View Item