Mahanal, Susriyati (2009) Pengaruh penerapan perangkat pembelajaran deteksi kualitas air sungai dengan indikator biologi berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa SMA di Kota Malang / Susriyati Mahanal. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahanal Susriyati. 2009. Pengaruh Penerapan Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai dengan Indikator Biologi Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Malang. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (II) Prof. Drs. Sutiman Bambang Sumitro S.U. D.Sc. (III) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata Kunci deteksi kualitas sungai indikator biologi pembelajaran berbasis proyek hasil belajar Kemajuan teknologi dan pertumbuhan penduduk menyebabkan kualitas sungai cenderung terus-menerus turun. Idealnya penanggulangan menurunnya kualitas sungai dilakukan melalui teknologi regulasi dan pendidikan secara simultan. Penanggulangan melalui bidang pendidikan perlu dilakukan dengan strategi yang dapat meningkatkan sikap siswa terhadap lingkungan hidup penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis seperti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menerapkan perangkat pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa yang berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian pengembangan perangkat pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi dan penelitian eksperimen. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D (define design develop disseminate) dari Thiagarajan (1974). Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan diimplementasikan melalui penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi) Non-equivalent Control Group Design versi factorial 2x2. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Kota Malang yang tergabung dalam jarring-jaring komunikasi pemantau kualitas air (JPKA) sebanyak 14 SMA baik negeri maupun swasta. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sample sebanyak 267 siswa (8 kelas) yaitu siswa SMAN 2 SMAN 9 SMA Shalahuddin dan SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. 1) Penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA di Kota Malang. 2) Penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa SMA di Kota Malang. 3) Penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek berpengaruh terhadap sikap pada ekosistem sungai siswa SMA di Kota Malang. 4) Tingkat kemampuan akademik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA di Kota Malang. 5) Tingkat kemampuan akademik berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa SMA di Kota Malang. 6) Tingkat kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap sikap pada ekosistem sungai siswa SMA di Kota Malang. 7) Interaksi antara penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA di Kota Malang. 8) Interaksi antara penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa SMA di Kota Malang. 9) Interaksi antara penerapan pembelajaran deteksi kualitas sungai dengan indikator biologi berbasis proyek dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap sikap pada ekosistem sungai siswa SMA di Kota Malang. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan strategi yang efektif untuk memberdayakan hasil belajar siswa (penguasaan konsep kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa terhadap ekosistem sungai) sehingga mempersempit kesenjangan hasil belajar pada kelompok siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda. Sesuai hasil penelitian pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru biologi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Dec 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64584 |
Actions (login required)
View Item |