Pengaruh pembelajaran metakognitif dengan strategi cooperative script, dan reciprocal teaching pada kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, hasil belajar biologi siswa, serta retensinya di SMP Negeri Manado / Zusje W - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran metakognitif dengan strategi cooperative script, dan reciprocal teaching pada kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, hasil belajar biologi siswa, serta retensinya di SMP Negeri Manado / Zusje W

Warouw, Zusje Wiesje Merry (2009) Pengaruh pembelajaran metakognitif dengan strategi cooperative script, dan reciprocal teaching pada kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, hasil belajar biologi siswa, serta retensinya di SMP Negeri Manado / Zusje W. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Warouw Zusje W. M. 2009. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif dalam Strategi Cooperative Script dan Reciprocal Teaching pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Kemampuan dan Keterampilan Metakognitif Berpikir Kritis Hasil Belajar Biologi Siswa serta Retensinya di SMP Negeri Manado (Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim M.Pd. (III) Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd.) Kata Kunci metakognitif cooperative script reciprocal teaching berpikir kritis hasil belajar biologi dan retensi Pemberdayaan kemampuan berpikir kritis kemampuan dan keterampilan metakognitif dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang memiliki karakteristik student centered. Penelitian ini diawali dengan penelitian survei untuk mengetahui gambaran umum pembelajaran biologi pada SMP Negeri di Manado melalui penyebaran kuesioner kepada guru-guru biologi. Hasil survei dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa persentase terungkap umumnya guru-guru telah memenuhi kualifikasi akademik S1 70 7% S2 9.76%. Pelaksanaan pembelajaran terungkap sebagian besar (70 31%) pembelajaran biologi masih berlangsung dengan paradigma teacher centered belum mengenal pembelajaran kooperatif (63 41%) belum pernah melaksanakan pembelajaran kooperatif (78 04%) mengetahui langkah pembelajaran CS (4.87%) dan mengetahui langkah pembelajaran RT (0%) belum tahu arti kemampuan metakognitif (97 56%) bahkan 100% guru belum tahu pentingnya memberdayakan kemampuan metakognitif dalam pembelajaran. Solusi mengatasi masalah adalah mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai yakni strategi metakognitif dan kooperatif yang diterapkan pada siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian survei merupakan pijakan melaksanakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen bertujuan mengungkap pengaruh strategi pembelajaran (CS M CS Konvensional RT M RT) terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensinya pada siswa SMPN di Kota Manado pengaruh kemampuan akademik (akademik tinggi dan rendah) terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensinya pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan dan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensinya. Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen melalui rancangan Pretest-postest Non-equivalent Control Group Design versi faktorial 5 X 2. Data dianalisis dengan ANACOVA pada taraf signifikansi 0 05. Jika menunjukkan nilai Fhitung signifikan maka perlu dilanjutkan dengan uji beda. Sebelum dilakukan uji kovarian dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Data hasil penelitian juga diuji dengan analisis regresi untuk mengetahui konsistensi penerapan setiap sintaks strategi pembelajaran selama satu semester. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri Manado. Sampel penelitian dengan teknik Cluster Random Sampling didapat 10 kelas yaitu 5 kelas kemampuan akademik tinggi kelas VIII 1 SMPN 4 (CS M) kelas VIII D SMPN 1(CS) kelas VIII L SMPN 1 (RT M) kelas VIII B SMPN 1 (RT) kelas VIII A SMPN 10 (Konvensional) dan 5 kelas kemampuan akademik rendah kelas VIII 10 SMPN 7 (CS M) kelas VIII D SMPN 3 (CS) kelas VIII 7 SMPN 8 (RT M) kelas VIII 13 SMPN 8 (RT) dan kelas VIII 7 SMPN 7 (Konvensional) dengan jumlah 196 siswa sebagai subyek penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran RT M RT CS M dan CS terhadap kemampuan metakognitif siswa berkemampuan akademik tinggi sedangkan strategi RT M dapat memberdayakan kemampuan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi RT M CS M dan CS memiliki pengaruh yang singnifikan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah sedangkan strategi pembelajaran RT M dan CS M memberdayakan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik tinggi. Demikian pula dengan kemampuan berpikir kritis strategi pembelajaran CS CS M dan RT M efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik rendah dan strategi RT M dan CS M meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi. Demikian pula dengan hasil belajar hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi CS M dan CS meningkatkan hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah sedangkan strategi RT M meningkatkan hasil belajar siswa berkemampuan akademik tinggi. Pengaruh strategi pembelajaran CS CS M RT dan RT M tidak hanya menentukan keberhasilan siswa selama pembelajaran tetapi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya retensi siswa. Terungkap bahwa strategi RT M dan CS M meningkatkan daya retensi kemampuan metakognitif siswa akademik tinggi sedangkan strategi RT M CS CS M dan RT meningkatkan daya retensi kemampuan metakongitif siswa akademik rendah. Terkait dengan daya retensi keterampilan metakognitif strategi RT M memiliki pengaruh yang lebih signifikan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa akademik tinggi sedangkan strategi CS M dan RT efektif meningkatkan keterampilan metakognitif siswa akademik rendah pada retensi keterampilan metakognitif. Demikian pula dengan daya retensi kemampuan berpikir kritis strategi RT M dan CS M memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa akademik tinggi dan strategi RT RT M dan CS M memiliki pengaruh dan potensi yang sama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa akademik rendah. Selanjutnya strategi RT M juga berpengaruh signifikan terhadap daya retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik tinggi dan strategi RT RT M dan CS M juga memiliki potensi yang sama untuk meningkatkan hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka secara umum dapat disimpulkan bahwa 1) strategi RT M CS M RT dan CS berpotensi meningkatkan kemampuan dan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensinya. 2) strategi pembelajaran RT M CS M RT dan CS dapat diterapkan dalam pembelajaran Sains Biologi pada SMPN di Kota Manado. Mengacu pada hasil-hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan agar 1) dalam melaksanakan pembelajaran Sains Biologi guru perlu menerapkan strategi CS M CS RT dan RT M dalam pembelajaran karena dapat memberdayakan kemampuan dan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta daya retensi siswa. 2) bagi peneliti lain yang ingin melakukan kajian terhadap strategi-strategi pembelajaran yang telah dikembangkan dapat melakukan kajian terkait dengan efektivitas strategi RT M dan CS M dan dapat mengimplementasikan efektivitas kedua strategi tersebut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64582

Actions (login required)

View Item View Item