Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif snowballing dan numbered heads together (NHT) pada sekolah multietnis terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif sains biologi dan sikap sosial siswa SMP Samarinda / Elsje Theodora Maasawet - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif snowballing dan numbered heads together (NHT) pada sekolah multietnis terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif sains biologi dan sikap sosial siswa SMP Samarinda / Elsje Theodora Maasawet

Maasawet, Elsje Theodora (2009) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif snowballing dan numbered heads together (NHT) pada sekolah multietnis terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif sains biologi dan sikap sosial siswa SMP Samarinda / Elsje Theodora Maasawet. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maasawet Elsje Theodora. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Snowballing dan Numbered Heads Together (NHT) pada Sekolah Multietnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (II). Dr. Agr. Mohamad Amin M.Si.(III) Dr. Hj. Siti Zubaidah. M.Pd. Kata kunci Kooperatif Snowballing NHT Multietnis Berpikir Kritis Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi Sikap Sosial Dunia pendidikan yang semakin meningkat dewasa ini menunjukkan semakin tinggi tingkat kepedulian pemerhati maupun praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Keragaman etnis diakui ataupun tidak dapat menimbulkan berbagai persoalan yang dihadapi di masyarakat secara khusus keragaman etnis siswa di sekolah. Pendidikan multietnis menawarkan satu alternatif penanganan melalui penerapan strategi dan konsep pendidikan yang berbasis pemanfaatan keragaman yang ada di masyarakat khususnya yang ada pada siswa seperti keragaman etnis budaya bahasa agama status sosial gender kemampuan umur dan ras. Pendidikan berperan dalam pembentukan sikap sosial karena sikap sosial terbentuk dari adanya interaksi sosial yang dialami individu. Samarinda merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keragaman etnis. Sejumlah etnis hidup menetap di Samarinda antara lain etnis Jawa Banjar Bugis Kutai Dayak Batak Ambon Manado Cina Buton dan etnis Madura. Perbedaan etnis tersebut ditengarai berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Survai menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP di Samarinda masih rendah yang terlihat dari sebagian besar siswa sering mengikuti remidial karena skor yang diperoleh belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di SMP Samarinda yaitu 75%. Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk sains Biologi pada tahun 2008 hanya 47% padahal guru secara maksimal telah mengembangkan KKM. Untuk menjawab permasalahan terkait dengan keberagaman etnis dan rendahnya hasil belajar siswa maka dibutuhkan strategi pembelajaran dengan pendekatan multietnis. Strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran siswa multietnis akan sangat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan pada siswa multietnis adalah strategi pembelajaran kooperatif Snowballing dan NHT. Strategi pembelajaran kooperatif Snowballing adalah strategi yang sederhana tetapi memiliki keunggulan yakni dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir analisis bahkan sintesis. Keunggulan strategi pembelajaran kooperatif NHT yaitu setiap siswa menjadi siap melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh serta siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai bahkan berpotensi memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan proses kognitif dan aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. Pembelajaran sains Biologi dengan metode yang tepat diharapkan menjadi sarana pengembangan kemampuan berpikir siswa sehingga meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Snowballing dan NHT terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan berperan dalam pengembangan sikap sosial pada siswa multietnis SMP di Samarinda. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 tahap yakni tahap 1) penelitian survai tentang pembelajaran yang dilaksanakan di kelas metode pembelajaran biologi yang dilakukan oleh guru pemahaman guru tentang strategi pembelajaran Snowballing dan NHT serta keberadaan siswa multietnis di SMP Samarinda 2) penelitian quasi eksperimen untuk menguji pengaruh perangkat pembelajaran yaitu Silabus RPP dan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif sains biologi dan sikap sosial siswa SMP pada kelas eksperimen (SMP 2 5 6 7 11 dan 21) . Hasil penelitian survai menunjukkan bahwa Guru sains biologi SMP Samarinda telah memiliki kualifikasi akademik tingkat pendidikan sarjana (90 54%) magister (5 40%) diploma II (1 35%). Kegiatan pelatihan/diklat yang telah diikuti guru IPA KTS RAPS Sosialisasi KTSP MGMP. Strategi pembelajaran kooperatif yang digunakan Jigsaw STAD TPS STAD-TPS. Keberagaman etnis dalam kelas yaitu 3 etnis siswa (5 41%) 4 etnis siswa (28 38%) 5 etnis siswa (31 08%) 6 etnis siswa (31 08%) 7 etnis siswa (1 35%) 8 etnis siswa (2 70%). Bahasa pengantar yang dipakai dalam kelas VIII SMP Bahasa Indonesia (86 49%) Bahasa Inggris (2 70%) Bahasa Jawa (2 70%) Bahasa Kutai (1 35%) Bahasa Banjar (6 76%). Penilaian hasil belajar yang digunakan guru di SMP Samarinda penilaian dengan portofolio (58 11%) paper and pencil test (21 62%) dan tes performasi (13 51%). Hasil uji Anakova menunjukkan 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran Snowballing terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan sikap sosial siswa 2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran NHT terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan sikap sosial siswa 3) terdapat pengaruh multietnis terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan sikap sosial siswa 4) terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan etnis terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan sikap sosial siswa 5) Strategi pembelajaran Snowballing paling baik pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan sikap sosial siswa 6) siswa etnis Jawa memiliki kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang paling tinggi dibanding dengan siswa etnis Banjar etnis Bugis etnis Kutai dan etnis Dayak 7) siswa etnis Banjar memiliki sikap sosial yang lebih tinggi dibanding dengan sikap sosial etnis Jawa etnis Kutai etnis Bugis dan etnis Dayak 8) interaksi strategi Snowballing pada siswa etnis Jawa lebih tinggi dibandingkan dengan strategi NHT dan Konvensional pada siswa etnis Banjar etnis Bugis etnis Kutai dan etnis Dayak. Siswa etnis Jawa etnis Banjar etnis Kutai dan etnis Dayak sangat cocok diterapkan strategi pembelajaran Snowballing sedangkan siswa etnis Bugis sangat cocok diterapkan strategi pembelajaran NHT. Atas dasar hasil penelitian merekomendasi penggunaan strategi Snowballing dan NHT untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif siswa dan sikap sosial siswa pada sekolah multietnis. Khusus untuk guru sains biologi SMP Samarinda hendaknya mengimplementasikan strategi kooperatif Snowballing dan NHT pada pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif sains biologi dan sikap sosial siswa. Disarankan perlu dilakukan penelitian lanjut dalam kaitan dengan pendidikan multietnis dari aspek sosial ekonomi dan budaya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64581

Actions (login required)

View Item View Item