Pengaruh strategi pembelajaran integrasi STAD dan TPS dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif biologi, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan proses siswa SMA di Kota Metro / Muhfahroyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran integrasi STAD dan TPS dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif biologi, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan proses siswa SMA di Kota Metro / Muhfahroyin

Muhfahroyin (2010) Pengaruh strategi pembelajaran integrasi STAD dan TPS dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif biologi, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan proses siswa SMA di Kota Metro / Muhfahroyin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran biologi saat ini masih cenderung menekankan kegiatan pengajaran (teaching) dibandingkan pembelajaran (learning). Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru belum memberdayakan potensi peserta didik dengan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered). Pada abad pengetahuan yaitu abad 21 diperlukan sumber daya manusia dengan kualitas tinggi yang memiliki kemampuan intelektual tinggi. Kemampuan intelektual yang harus dikuasai dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh adalah aspek kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses yang diberdayakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Kenyataan di Kota Metro menunjukkan bahwa pembelajaran biologi yang dilaksanakan oleh guru belum memberdayakan potensi peserta didik. Pembelajaran masih teacher centered dan cenderung tidak konstruktivistik sehingga hasil belajar tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Guru juga belum memperhatikan kemampuan akademik siswa yang berbeda sehingga guru tidak memberdayakan perbedaan kemampuan akademik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Diperlukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan penelitian sebelumnya strategi STAD dan TPS merupakan cooperatif learning yang mampu meningkatkan hasil belajar dan memberdayakan potensi peserta didik oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan dan diimplementasikan integrasi STAD dan TPS dalam pembelajaran yang belum pernah diimplementasikan sebelumnya. Implementasi strategi pembelajaran integrasi STAD dan TPS dalam penelitian ini diharapkan memberikan perubahan dan pemahaman guru tentang paradigma pembelajaran teacher centered menjadi student centered sehingga potensi siswa dapat diberdayakan terjadi peningkatan hasil belajar kognitif pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dan terlatihnya keterampilan proses siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses 2) mengetahui perbedaan kemampuan akademik pada hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses 3) mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. Penelitian kuasi eksperimen untuk mengimplementasikan integrasi STAD dan TPS dengan rancangan pretest-postest non-equivalent control group design faktorial 4x2 ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri dan Swasta Kota Metro sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 184 siswa (8 kelas). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. Sebelum instrumen diujikan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Pengumpulan data hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses dilakukan dengan pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistik Anakova yang dilanjutkan dengan uji lanjut Least Significance Difference (LSD). Sebelum diuji statistik dilakukan uji asumsi berupa uji normalitas dan homogenitas. Penghitungan dibantu dengan program SPSS for windows versi 14. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. 1) Ada pengaruh strategi STAD terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. 2) Ada pengaruh strategi TPS terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. 3) Ada pengaruh integrasi STAD dan TPS terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. 4) Tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses pada siswa berkemampuan atas dan bawah. 5) Tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik atas dan bawah terhadap hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. 6) Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap implementasi strategi pembelajaran STAD TPS dan integrasi STAD dan TPS. Strategi STAD TPS serta integrasi STAD dan TPS meningkatkan hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses. Strategi ini melatih siswa dalam memecahkan masalah melatih siswa bekerja sama dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar guru mengimplementasikan strategi STAD TPS serta integrasi STAD dan TPS dalam pembelajaran biologi. Selain itu diharapkan memberdayakan perbedaan kemampuan akademik dalam membentuk kelompok belajar siswa. Pemberdayaan perbedaan kemampuan akademik ini akan menciptakan scaffolding siswa berkemampuan atas terhadap siswa berkemampuan bawah sehingga prestasi siswa berkemampuan bawah menyamai siswa berkemampuan atas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64574

Actions (login required)

View Item View Item