Nurmaliah, Cut (2010) Keterampilan berpikir kritis, metakognisi dan hasil belajar biologi siswa SMP Negeri di Kota Malang / Cut Nurmaliah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurmaliah Cut. 2009. Keterampilan Berpikir Kritis Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (II) Prof. Sutiman Bambang Sumitro S.U. D. Sc. (III) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata kunci berpikir kritis hasil belajar biologi metakognisi. Pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi mata pelajaran biologi di sekolah selama ini sangat menekankan pada aspek hafalan sedangkan materinya banyak yang berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenjang sekolah menengah merupakan saat yang tepat untuk awal mengajarkan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi karena merupakan dasar untuk mengembangkan pengetahuan siswa ke jenjang pendidikan lanjutan. Membangun keterampilan berpikir kritis dan metakognisi dalam pembelajaran biologi tidak mudah karena kompleksitas dan keragaman objek kajian yang menyebabkan bahan ajar tidak mudah dipahami oleh banyak siswa. Penelitian ini dilakukan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran Biologi di SMP Negeri di kota Malang dan 2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis metakognisi dan hasil belajar biologi siswa berdasarkan kategori sekolah kemampuan awal tingkat kelas jenis kelas dan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data penelitian diperoleh dari guru biologi dan seluruh siswa dari 24 SMP Negeri di kota Malang yang diambil secara stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kritis tes biologi metacognitive inventory junior rating scale keterampilan metakognisi angket guru dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran biologi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Anava Faktorial dilanjutkan dengan uji lanjut menggunakan uji beda Least Significant Difference (LSD) dan data keterlaksanaan pembelajaran Biologi akan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas guru umumnya sudah baik aktif dalam kegiatan MGMP dan telah mengikuti berbagai macam pelatihan yang dapat meningkatkan profesionalisme guru. Proses penilaian hasil belajar siswa umumnya dalam bentuk tes objektif. Siswa perempuan lebih aktif dibandingkan dengan siswa laki-laki dalam hal bertanya menjawab pertanyaan dan mempresentasikan hasil pengamatan. Siswa perempuan lebih unggul dalam hal berpikir kritis metakognisi dan hasil belajar dibandingkan siswa laki-laki. Berdasarkan kategori sekolah kemampuan awal tingkatan kelas jenis kelamin dan jenis kelas menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri di kota Malang sudah cukup baik metakognisi mereka pada tingkat OK dan hasil belajar biologi sudah cukup baik. Untuk siswa kelas 8 kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas 7 dan kelas 9. Siswa kelas non reguler dalam hal berpikir kritis dan hasil belajar tidak berbeda dengan siswa kelas reguler. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembelajaran biologi sebaiknya guru menerapkan model/metoda yang sesuai dengan sintak yang ada dalam RPP. Jam belajar siswa tidak dipengaruhi dengan uji coba UN atau kegiatan lain yang tidak terjadwal sehingga mengganggu pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru. Penelitian proses pembelajaran harus lebih sering dilaksanakan di sekolah kategori rendah agar siswa beserta guru terbiasa menerima berbagai inovasi pembelajaran dan dapat mendata kelemahan yang muncul di sekolah tersebut. Dalam penilaian hasil belajar hendaknya menggunakan penilaian berbasis kelas sehingga guru mempunyai wewenang penuh dalam evaluasi hasil belajar siswa dan menentukan kelulusan siswa di setiap sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64572 |
Actions (login required)
View Item |