Pengaruh pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dipadukan strategi kooperatif dan kemampuan akademik terhadap keterampilan mtakognitif, berpikir kreatif, pemahaman konsep IPA-Biologi, dan retensi siswa SD di Mataram / Jamaluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dipadukan strategi kooperatif dan kemampuan akademik terhadap keterampilan mtakognitif, berpikir kreatif, pemahaman konsep IPA-Biologi, dan retensi siswa SD di Mataram / Jamaluddin

Jamaluddin (2009) Pengaruh pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dipadukan strategi kooperatif dan kemampuan akademik terhadap keterampilan mtakognitif, berpikir kreatif, pemahaman konsep IPA-Biologi, dan retensi siswa SD di Mataram / Jamaluddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan keterampilan berpikir siswa merupakan salah satu standar kompetensi lulusan Sekolah Dasar yang direkomendasikan melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 sebagai respon terhadap perkembangan IPTEK yang demikian pesat saat ini. Pemberdayaan keterampilan berpikir siswa melalui pembelajaran IPA menjadi sangat penting karena keterampilan berpikir merupakan kecakapan hidup yang sangat diperlukan untuk mengatasi perma-salahan kehidupan yang semakin kompleks di era informasi ini. Pembelajaran IPA di SD di Kota Mataram masih berorientasi pada pemahaman konsep belum dirancang dan dilaksanakan secara sengaja untuk pemberdayaan keterampilan berpikir siswa. Hal itu disebabkan karena guru belum memahami perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pemberdayaan berpikir tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan perangkat pem-belajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan yang dipadukan dengan strategi kooperatif tipe TPS dan NHT pada mata pelajaran IPA kelas V SD (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif pemahaman konsep IPA-biologi retensi dan daya retensi antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBMP PBMP-TPS PBMP-NHT dan strategi pembelajaran Konvensional (3) untuk mengetahui perbedaan keteram-pilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif pemahaman konsep IPA-biologi retensi dan daya retensi antara siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah (4) untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif berpikir kreatif pemahaman konsep IPA-biologi siswa retensi dan daya retensi siswa sebagai akibat dari interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa. Metode penelitian (1) penelitian pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan (2) penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh penerapan perangkat pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif berpikir kreatif pemahaman konsep IPA-biologi retensi dan daya retensi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Kota Mataram. Penentuan sampel dengan teknik Cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri atas 149 siswa kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk memperoleh data skor keterampilan metakognitif skor keterampilan berpikir kreatif skor pemahaman konsep IPA-biologi dan skor retensi. Uji hipotesis digunakan teknik analisis kovarian (Ancova). Analisis data menggunakan fasilitas SPSS for Windows. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus RPP PBMP RPP PBMP.TPS PBMP.NHT dan LKS PBMP. Perangkat pembelajaran tersebut berpotensi meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif pema-haman konsep retensi dan daya retensi konsep IPA-biologi siswa SD di Kota Mataram (2) penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini belum dapat dilaksnakan secara konsisten dalam pembelajaran IPA SD di Kota Mataram karena terkendala oleh kejenuhan dan kebiasaan belajar siswa (3) ada perbedaan keterampilan metakognitif antara siswa yang belajar dengan strategi PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan strategi Konvensional (4) ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan strategi PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan strategi Konvensional (5) ada perbedaan pema-haman konsep IPA-biologi antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan pembelajaran Konvensional (6) tidak ada perbedaan retensi antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan Konvensional (7) ada perbedaan daya retensi antara siswa yang belajar dengan strategi pembe-lajaran PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan Konvensional (8) ada perbedaan kete-rampilan metakognitif berpikir kreatif pemahaman konsep IPA-biologi dan retensi antara siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berke-mampuan akademik rendah (9) tidak ada perbedaan daya retensi siswa berke-mampuan akademik tinggi dan rendah sebagai akibat penerapan strategi PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan strategi Konvensional (10) interaksi strategi PBMP PBMP-TPS PBMP-NHT dan Konvensional dengan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa (11) interaksi strategi pembelajaran PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan Konvensi-onal dengan kemampuan akademik siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif pemahaman konsep dan retensi konsep IPA-biologi siswa (12) interaksi strategi pembelajaran PBMP PBMP.TPS PBMP.NHT dan Konvensional dengan kemampuan akademik siswa berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa. Saran bagi guru dan peneliti berikutnya adalah (1) untuk penerapan di SD guru perlu menuliskan hasil-hasil diskusi atau jawaban siswa yang benar dan relevan dengan indikator pencapaian hasil belajar di papan tulis (2) dalam menerapkan perangkat strategi pembelajaran PBMP PBMP.TPS dan PBMP. NHT perlu dilakukan secara bervariasi untuk menghindari kejenuhan siswa dalam belajar (3) Guru perlu memetakan kemampuan akademik siswa untuk penyusunan anggota kelompok kooperatif dan proses pembimbingan siswa dalam pembelajaran IPA (4) bagi peneliti yang berminat dalam penelitian pendidikan IPA perlu merancang dan melaksanakan penelitian-penelitian yang bertujuan untuk memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa untuk mempersiapkan mereka sebagai SDM masa depan dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks di era informasi ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64571

Actions (login required)

View Item View Item