Salindri, Ratna (2017) Pengembangan media pop-up book dengan subtema Sahabat Satwa kelas III Sekolah dasar / Ratna Salindri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Salindri Ratna. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book dengan Subtema Sahabat Satwa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sukamti M. Pd. (2) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M. Pd. Kata Kunci Media Pop-Up Book Subtema Sahabat Satwa kelas III SD Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kedungkandang I serta analisis kebutuhan media pembelajaran pada subtema Sahabat Satwa dibutuhkan media yang dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Pop-Up Book materi pembelajaran 1 5 dan 6 yang layak menurut ahli dan efektif bagi siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick Carey yang dimodifikasi dengan tahapan analisis kebutuhan pembelajaran siswa dan konteks merumuskan tujuan performansi mengembangkan instrumen mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan bahan pembelajaran 1 5 dan 6 membuat produk dan melakukan evaluasi formatif melakukan revisi serta memproduk akhir. Uji coba pengguna dilakukan di SDN Kedungkandang I dengan subjek coba sebanyak 26 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Produk Pop-Up Book pada pembelajaran 1 berjudul Hewan Peliharaan yang berisi materi tentang petunjuk merawat hewan peliharaan gerak tari hewan dan konversi satuan waktu. Pembelajaran 5 berjudul Hewan Sirkus yang berisi materi tentang petunjuk merawat hewan sirkus pengamalan sila ke 4 Pancasila dan konversi satuan waktu. Pembelajaran 6 berjudul Hewan di Kebun Binatang yang berisi materi tentang petunjuk merawat hewan di kebun binatang pengamalan sila ke 4 Pancasila dan konversi satuan waktu. Berdasarkan hasil evaluasi formatif ahli media terkait dengan kualitas teknik diperoleh persentase 87 5% yang termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil evaluasi formatif ahli materi terkait dengan kualitas isi dan tujuan pembelajaran diperoleh persentase 92 5% yang termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil evaluasi formatif ahli pengguna terkait dengan penerapan media pembelajaran diperoleh persentase 96% yang termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba siswa pada pre test dan post test untuk kualitas hasil akhir diperoleh kenaikan rata-rata 22 2% yang berarti media efektif untuk siswa. Media Pop-Up Book dapat digunakan sebagai pelengkap dalam mempelajari subtema Sahabat Satwa kelas III SD. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media Pop-Up Book pada subtema yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |