Kajian tentang keterkaitan latar belakang pendidikan, pengetahuan ekosistem mangrove, status ekonomi keluarga, sikap dan perilaku nelayan dengan upaya pelestarian hutan mangrove di Kabupaten Pasuruan / Rahmat Ali Syaban - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang keterkaitan latar belakang pendidikan, pengetahuan ekosistem mangrove, status ekonomi keluarga, sikap dan perilaku nelayan dengan upaya pelestarian hutan mangrove di Kabupaten Pasuruan / Rahmat Ali Syaban

Rahmat Ali Syaban (2009) Kajian tentang keterkaitan latar belakang pendidikan, pengetahuan ekosistem mangrove, status ekonomi keluarga, sikap dan perilaku nelayan dengan upaya pelestarian hutan mangrove di Kabupaten Pasuruan / Rahmat Ali Syaban. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu negara maritim yang mempunyai sumberdaya kelautan yang sangat melimpah sudah sepatutnya kalau warga negara yang ada di dalamnya dapat menikmati kehidupan yang nyaman aman dan sejahtera. Namun demikian kenyataan membuktikan lain. Pada saat sumberdaya alam sudah terkuras dan dalam kondisi yang rusak berat khususnya hutan mangrove kondisi kehidupan masyarakat nelayan masih dalam kondisi miskin. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keterkaitan (1) Latar belakang pendidikan (2) Pengetahuan ekosistem mangrove (3) Status Ekonomi Keluarga (4) Sikap nelayan (5) Perilaku nelayan dengan upaya pelestarian hutan mangrove Jenis penelitian ini adalah korelasional kausalitas dengan pendekatan ekspost facto. Data digali dari sebanyak 285 responden nelayan. Penelitian ini berlangsung sejak 20 Juni 2006 sampai 25 Januari 2007 di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Data dideskripsikan dengan nilai rata-rata dan grafik dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil kajian dari semua variabel yang diujikan di lokasi yang berbeda yaitu pada wilayah dengan kondisi mangrovenya jelek (wilayah I) dan wilayah dengan kondisi mangrove yang baik (Wilayah II) menunjukkan semua variabel berbeda nyata (sig. 0 00) sedangkan rata-rata latar belakang pendidikan nelayan di masing-masing wilayah yaitu 3 05 dan 5 15 pengetahuan ekosistem mangrove yaitu 67 20 dan 85 78 status ekonomi keluarga yaitu 408 31 dan 500 42 sikap 41 30 dan 72 44 perilaku 60 51 dan 79 71 dan Upaya Pelestarian mangrove 55 95 dan 72 56 Hasil analisis jalur di wilayah I dan wilayah II menemukan bahwa (1) Terdapat keterkaitan yang sangat signifikan antara latar belakang pendidikan dengan pengetahuan ekosistem mangrove (X2) pada taraf p 0 01 (2) Tidak terdapat keterkaitan antara latar belakang pendidikan (X1) dan pengetahuan ekosistem secara bersama dengan status ekonomi keluarga pada taraf 0.05 (3) Terdapat keterkaitan yang sangat signifikan antara latar belakang pendidikan (X1) pengetahuan ekosistem mangrove (X2) dan status ekonomi keluarga (X3) secara bersama dengan sikap nelayan (X4) pada taraf kepercayaan p 0 01 (4) Di Wilayah I tidak terdapat keterkaitan antara latar belakang pendidikan (X1) pengetahuan ekosistem mangrove (X2) status ekonomi keluarga (X3) dan sikap nelayan (X4) secara bersama dengan perilaku nelayan (X5) pada taraf kepercayaan p 0 05 sedangkan di wilayah II terdapat keterkaitan antara latar belakang pendidikan (X1) pengetahuan ekosistem mangrove (X2) status ekonomi keluarga (X3) dan sikap nelayan (X4) secara bersama dengan perilaku nelayan (X5) pada taraf kepercayaan p 0 01 (5) Terdapat keterkaitan yang sangat signifikan antara latar belakang pendidikan (X1) pengetahuan ekosistem mangrove (X2) status ekonomi keluarga (X3) sikap (X4) dan perilaku nelayan (X5) secara bersama dengan upaya pelestarian mangrove (Y) pada taraf kepercayaan p 0 01. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa sumbangan efektif terbesar dari semua variabel bebas terhadap upaya pelestarian hutan mangrove di wilayah I adalah perilaku nelayan sebesar 0 152 pengetahuan ekosistem mangrove 0 071 latar belakang pendidikan 0 0537 status ekonomi keluarga 0 0122 dan sikap 0 0045 sedangkan di wilayah II sumbangan efektif terbesar adalah perilaku nelayan 0 2572 latar belakang pendidikan 0 092 sikap 0 0583 status ekonomi keluarga 0 012 dan pengetahuan ekosistem mangrove -0 055. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bahwa untuk menangani masalah pelestarian hutan mangrove diperlukan pendidikan non formal bagi masyarakat nelayan berupa penyuluhan dan pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan pengetahuan sikap perilaku dan peran serta nelayan terhadap upaya pelestarian mangrove ditambah dengan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64565

Actions (login required)

View Item View Item