Struktur argumentasi mahasiswa dalam mengonstruksi bukti matematis / Christina M. Laamena

Laamena, Christina M. (2019) Struktur argumentasi mahasiswa dalam mengonstruksi bukti matematis / Christina M. Laamena. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christina M. Laamena, 2018. Struktur Argumentasi Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti Matematis. Disertasi, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor: Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si, Ko-Promotor I: Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, Ko-Promotor II: Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si Kata Kunci: Argumentasi, Struktur Argumentasi, Argumentasi Toulmin, Berpikir matematis, Mengonstruksi Bukti. Argumentasi merupakan salah satu komponen penting dalam membangun pemahaman matematis siswa. Argumentasi berkaitan dengan proses menyusun argumen-argumen untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan sering digunakan dalam pembuktian matematis. Argumen matematis yang valid pasti menghasilkan claim benar, dan sering disebut argumen formal Namun, argumen informal juga sering digunakan sebagai ÔÇÿjembatanÔÇÖ untuk mengonstruksi bukti deduktif. Oleh karena itu peneliti menggunakan argumen Toulmin untuk menganalis argumentasi mahasiswa dalam mengonstruksi bukti matematis guna memberikan kesempatan bagi penggunaan kedua jenis argumen tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur argumentasi mahasiswa dalam mengonstruksi bukti matematis dan menganalisis proses berpikir mahasiswa yang mendasari struktur argumentasi tersebut. Penelitian tergolong penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang berasal dari Universitas Pattimura Ambon, yaitu 3 subjek dari jurusan matematika Fakultas MIPA dan 3 subjek dari program studi pendidikan matematika FKIP. Data yang dikumpulkan terdiri dari pekerjaan siswa, think aloud, hasil wawancara dan observasi. Semua data digunakan untuk menganalisis struktur argumentasi mahasiswa menggunakan tahapan berpikir matematis yang dikemukakan oleh Mason (entry, attack, reviu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis struktur argumentasi mahasiswa dalam mengonstruksi bukti matematis: (1) struktur argumentasi tipe 1 yang ditandai dengan berulangnya semua komponen argumentasi pada fase reviu tanpa ada penambahan. Subjek pada kelompok ini memiliki pengetahuan yang sempurna tentang masalah pembuktian yang diterima sehingga dengan mudah menghasilkan claim tanpa membuat kesalahan; (2) struktur argumentasi tipe 2 yang ditandai dengan perubahan sebagian komponen argumentasi dan menghasilkan beberapa kali fase attack. Subjek pada kelompok struktur argumentasi tipe 2 melakukan kesalahan baik karena warrant induktif yang lemah, maupun penggunaan metode pembuktian yang tidak sesuai sehingga beberapa kali menghasilkan claim salah. Kesadaran akan kesalahan yang telah dibuat, membuat subjek memperbaiki konstruksi pembuktian awal dan menghasilkan konstruksi bukti yang baru dengan memperbaharui sebagian komponen argumentasi, (3) struktur argumentasi tipe 3 yang ditandai dengan perubahan semua komponen argumentasi akibat kesalahan konstruksi bukti dan claim yang salah. Kesalahan terjadi karena subjek mengalami salah persepsi tentang masalah yang diberikan dan membuat kesalahan ketika mengonstruksi bukti karena terjadi pencampuran informasi (interferensi). Kesalahan juga terjadi karena warrant induktif lemah yang menghasilkan klaim salah yang kemudian digunakan sebagai data baru untuk proses pembuktian. Pembaharuan semua komponen argumentasi terjadi baik secara sadar maupun tidak. Subjek kemudian menghasilkan claim baru yang benar dengan memperbaharui semua komponen argumentasi pada konstruksi awal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64563

Actions (login required)

View Item View Item