Wijanarti, Wilis (2017) Problematika implementasi pendekatan saintifik dalam pembalajaran tematik kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungtagung / Wilis Wijanarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijanarti Wilis. 2017. Problematika Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik IV SDN Gugus 1 Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci Problematika Implementasi Pendekatan Saintifik SD Pendekatan Saintifik merupakan salah satu ciri khas Kurikulum 2013. Observasi awal di SDN 1 Bangunmulyo ditemukan pelaksanaan pembelajaran belum diterapkan komponen pendekatan saintifik secara optimal sedangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sudah dituliskan komponen pendekatan saintifik secara runtut. Berdasarkan temuan tersebut penelitian bertujuan mendeskripsikan problematika implementasi Pendekatan saintifik pada rencana pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pada penilaian pembelajaran. Rancangan penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian yaitu guru kelas IV. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung berupa pedoman obsevasi pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) ketika perencanaan guru mengalami problema dalam merumuskan tujuan tidak mencantumkan C (Condition) belum nampak indikator belum dikembangkan lebih dari jumlah KD guru belum mengembangkan penilaian sesuai dengan indikator masih mengacu buku guru (2) problema guru ketika menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan santifik yaitu sulitnya menghadirkan objek nyata untuk kegiatan mengamati kurangnya sumber yang ada di lingkungan sekolah kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam berkomunikasi (3) guru kesulitan dalam menilai sikap sikap hanya dinilai ketika berdoa dan keseharian peserta didik tanpa langsung dicatat karena guru sudah hafal dengan setiap siswa dan untuk penilaian keterampilan guru masih kebingungan dalam mengembangkan penilaian keterampilan selain kegiatan pada SBDP. Berdasakan temuan dan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam merencanakan indikator tujuan pembelajaran pelaksanaan dalam menghadirkan objek nyata dalam pembelajaran dan penilaian. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mengingat pendekatan saintifik sangat baik untuk memberi pengalaman nyata bagi peserta didik dalam pembelajaran dan berfikir ilmiah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6456 |
Actions (login required)
View Item |