Konflik kognitif mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Tulungagung yang bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah integral / Sutopo - Repositori Universitas Negeri Malang

Konflik kognitif mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Tulungagung yang bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah integral / Sutopo

Sutopo (2018) Konflik kognitif mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Tulungagung yang bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah integral / Sutopo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sutopo. 2018. Konflik Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Tulungagung yang Bergaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. H. Akbar Sutawidjaya M.Ed Ph.D (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd MA. (III) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata kunci konflik kognititf gaya kognitif field independent gaya kognitif field dependent Pada situasi belajar konflik kognitif dapat muncul melalui banyak bentuk misalnya muncul secara alami ketika dugaan siswa terbukti salah disaat menyelesaikan masalah dan muncul akibat guru ataupun siswa lain yang menyatakan pendapat sebaliknya. Tujuan utama pengajaran matematika dengan menggunakan konflik kognitif adalah untuk membantu siswa merefleksikan pemahaman matematikanya menghadapi kontradiksi yang muncul dalam menyelesaikan masalah yang tidak sesuai dengan pemahamannya dan membantu siswa dalam memodifikasi pemahamannya untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda (Stylianides 2008). Penelitian ini bertujuan untuk 1). mendeskripsikan konflik kognitif mahasiswa pendidikan matematika IAIN Tulungagung yang bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah integral 2). mendeskripsikan konflik kognitif mahasiswa pendidikan matematika IAIN Tulungagung yang bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah integral. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 mahasiswa pendidikan matematika di IAIN Tulungagung pada semester 4. Instrumen penelitian terdiri dari soal Group Embeded Figure Test (GEFT) soal tes dan pedoman wawancara. Subjek diminta mengerjakan permasalahan secara individu dan berdasarkan pekerjaannya kemudian dilakukan wawancara berkaitan pekerjaannya untuk mengetahui profil konflik kognitifnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). konflik kognitif yang terjadi pada mahasiswa pendidikan matematika IAIN Tulungagung dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah integral antara lain a. konflik antara konsepsi (disimbulkan dengan c1) dengan konsepsi (disimbulkan dengan c2). Pada penelitian ini konsepsi yang dimiliki subjek dalam menyelesaikan masalah luas menggunakan teorema simetri dan menghasilkan nilai nol. Adapun konsepsi yang lain bahwa dalam menyelesaikan soal tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus segitiga. Pada saat konsepsi yang subjek miliki sama-sama digunakan dalam menyelesaikan masalah dengan hasil yang berbeda maka subjek sadar ia memegang dua pandangan yang saling bertentangan sehingga yang muncul adalah konflik kognitif b. konflik antara konsepsi (c1) dengan hasil penyelesaian yang dijelaskan oleh c2. Konsepsi yang dimiliki subjek vi diantaranya adalah penggunaan teorema simetri teorema dasar kalkulus yang dapat digunakan untuk menyelesaikan luas daerah. Subjek menggunakan konsepsinya dengan menghasilkan nilai luas daerah yang tidak sesuai dengan harapannya antara lain nilai luas yang bernilai negatif dan nol c. konflik antara konsepsi (c2) dengan hasil penyelesaian yang dijelaskan oleh c1. Konsepsi yang dimiliki diantaranya adalah penggunaan teorema simetri teorema dasar kalkulus yang dapat digunakan untuk menyelesaikan luas daerah. Subjek menggunakan konsepsinya dengan menghasilkan nilai luas daerah yang tidak sesuai dengan harapannya antara lain nilai luas yang bernilai negatif dan nol dan d. konflik antara konsepsi (c1) dengan hasil penyelesaian alternatif dengan menggunakan rumus luas segitiga. Konsepsi subjek menghasilkan nilai luas daerah yang tidak sesuai dengan harapannya antara lain nilai luas yang bernilai negatif dan nol. Berdasarkan temuan pada subjek terdapat ketidakpuasan dengan konsepsi yang ada setelah melihat alternatif jawaban yang didapatkan dengan menggunakan rums luas segitiga. 2). konflik kognitif yang terjadi pada mahasiswa pendidikan matematika IAIN Tulungagung dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah integral antara lain a. konflik antara konsepsi (c1) dengan hasil penyelesaian yang dijelaskan oleh c1. Proses membangun struktur kognitif baru atau memodifikasi struktur yang ada membutuhkan partisipasi aktif dan upaya dari subjek artinya seseorang tidak mungkin untuk melakukan upaya seperti itu tanpa motivasi dan ini muncul dari ketidakpuasan dengan konsep biasanya karena kurangnya keyakinan dalam kapasitas konsep yang ada untuk memecahkan masalah yang diajukan dan b. konflik antara konsepsi (c1) dengan hasil penyelesaian yang dijelaskan oleh c2. Subjek menggunakan konsepsinya dengan menghasilkan nilai luas daerah yang tidak sesuai dengan harapannya antara lain nilai luas yang bernilai negatif dan nol.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64557

Actions (login required)

View Item View Item