Rozak, Abd. (2018) Proses kegagalan metakognitif pada pemecahan masalah matematika / Abd. Rozak. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rozak A. 2018. Proses Kegagalan Metakognitif pada Pemecahan Masalah Matematika. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Subanji M.Si. (III) Dr. rer.nat I Made Sulandra M.Si. Kata kunci redflag blindness mirage vandalism pemecahan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegagalan metakognitif pada setiap tahapan pemecahan masalah dalam konteks pemecahan masalah secara individu. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang. Instrumen penelitian terdiri dari soal pemecahan masalah tipe model eliciting activities on time arrival angket aktivitas metakognitif dan pedoman wawancara. Subjek diminta mengerjakan masalah matematika secara individu dan mengisi angket aktivitas metakognitif berdasarkan pekerjaannya kemudian dilakukan wawancara berkaitan pekerjaan dan isian angket untuk mengonfirmasi terjadinya kegagalan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegagalan metakognitif terjadi pada tiap tahapan pemecahan masalah. Pada tahap memahami masalah terjadi metakognitif mirage dengan redflag tipe lack of progress. Subjek merasa mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang ditanyakan dan dalam mengidentifikasi informasi dari masalah yang sebenarnya kesulitan tersebut tidak terjadi. Pada tahap menganalisis masalah terjadi metakognitif mirage dan metakognitif blindness dengan tipe redflag masing-masing lack of progress dan anomalous result. Metakognitif blindness terjadi ketika subjek tidak menyadari memikirkan materi yang tidak berkaitan dengan masalah dan dalam menghubungkan apa yang diketahui dengan apa yang ditanyakan dalam masalah. Sedangkan metakognitif mirage terjadi ketika subjek merasa kesulitan dalam mengidentifikasi dan meninggalkan informasi yang sebenarnya berguna dalam memecahkan masalah. Pada tahap eksplorasi terjadi metakognitif vandalism dengan redflag tipe lack of progress. Metakognitif vandalism terjadi karena subjek menyadari mengalami kesulitan dalam memilih beberapa informasi yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah tetapi dalam prosesnya memutuskan hanya menggunakan salah satu informasi saja yang mengakibatkan hasil pemecahan masalah tidak sesuai. Pada tahap merencanakan pemecahan masalah terjadi metakognitif vandalism dengan redflag tipe anomalous result. Metakognitif vandalism terjadi karena subjek mengakui salah dalam memilih pendekatan yang akan digunakan namun tetap melanjutkan dan menggunakan pendekatan tersebut dalam memecahkan masalah. Pada tahap melaksanakan pemecahan masalah terjadi metakognitif blindness dan metakognitif mirage dengan redflag tipe error detection. Subjek mengalami metakognitif blindness karena tidak menyadari ada kesalahan proses perhitungan dan subjek tidak menyadari mengalami kesalahan dalam menerapkan prosedur. Sedangkan metakognitif mirage terjadi karena subjek hanya menggunakan satu pendekatan saja dalam memecahakan masalah dan meninggalkan pendekatan lain yang sudah dipikirkan sebelumnya. Pada tahap memverifikasi terjadi metakognitif blindness dengan redflag tipe lack of progress dan error detection. Metakognitif blindness terjadi karena subjek tidak berhasil mendeteksi adanya kesulitan dan kesalahan yang terjadi pada masing-masing tahap pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegagalan metakognitif dapat terjadi pada memahami masalah menganalisis masalah dan merencanakan pemecahan masalah selain yang sudah diidentifikasi oleh peneliti sebelumnya yaitu tahap mengeksplorasi melaksanakan dan memverifikasi. Selain itu ada keterulangan temuan kegagalan metakognitif pada penelitian ini dengan penelitian sebelumnya dan terjadi redflag dan kegagalan metakognitif lain pada tahap yang sama dengan penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64555 |
Actions (login required)
View Item |