Proses penalaran spasial siswa SMP berdasarkan teori Gestalt dalam menyelesaikan masalah geometri / Dewi Risalah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses penalaran spasial siswa SMP berdasarkan teori Gestalt dalam menyelesaikan masalah geometri / Dewi Risalah

Risalah, Dewi (2018) Proses penalaran spasial siswa SMP berdasarkan teori Gestalt dalam menyelesaikan masalah geometri / Dewi Risalah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Risalah Dewi. 2018. Proses Penalaran Spasial Siswa SMP Berdasarkan Teori Gestalt dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. dan (III) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci Penalaran Spasial Teori Gestalt Geometri Penalaran spasial adalah pemrosesan informasi non verbal berupa gambar atau simbol-simbol untuk menyelesaikan masalah. Terkait dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran spasial siswa SMP berdasarkan Teori Gestalt dalam menyelesaikan masalah geometri. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan proses penalaran siswa SMP berdasarkan Teori Gestalt dalam menyelesaikan masalah geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang telah mempelajari pelajaran geometri. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama 21 Pontianak Timur yang beralamat di Jalan Tanjung Raya 2 Pontianak Timur pada kelas VIII. Subjek yang diambil berdasarkan kemampuan penalaran spasial siswa. Penelitian ini mendeskripsikan 2 kategori proses penalaran spasial siswa berdasarkan Teori Gestalt yakni (1) proses penalaran siswa dengan kecenderungan hukum ketertutupan (2) proses penalaran siswa dengan kecenderungan hukum keterdekatan. Ketika subjek menyelesaikan masalah melalui proses membayangkan memanipulasi kemudian membandingkan maka ada kecenderungan subjek menggunakan hukum ketertutupan pada saat menyelesaikan masalah karena subjek cenderung melihat keseluruhan objek yang saling menutup sebagai sesuatu yang utuh. Ketika subjek menyelesaikan masalah melalui proses memanipulasi kemudian membandingkan maka ada kecenderungan subjek menggunakan hukum keterdekatan pada saat menyelesaikan masalah karena subjek cenderung melihat bagian-bagian objek yang saling berdekatan sebagai sesuatu yang utuh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64550

Actions (login required)

View Item View Item