Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam karangan narasai siswa kelas III di SDN Lesanpuro 1 Malang / Rizky Amalia Aida

Aida, Rizky Amalia (2017) Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam karangan narasai siswa kelas III di SDN Lesanpuro 1 Malang / Rizky Amalia Aida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aida, Rizky Amalia.2017. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Yang Disempurnakan Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas III di SDN Lesanpuro 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd, (2) Drs.H.Sutrisno, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Kesalahan penulisan ejaan, karangan narasi, siswa kelas III Dalam menulis karangan narasi perlu memperhatikan penggunaan ejaan. Berdasarkan kaidah ejaan yang telah disempurnakan (EYD), terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu penulisan huruf kapital, penulisan tanda baca, dan penulisan kata. Pada penerapannya di sekolah dasar, siswa diharuskan menerapkan penggunaan ejaan yang sesuai dengan kaidah EYD dalam menulis. Namun, pada saat melakukan observasi dan wawancara di SDN Lesanpuro 1 Malang, ditemukan bahwa siswa kelas III masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan, baik itu pada penulisan huruf kapital, penulisan tanda baca, maupun penulisan kata. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan fokus penelitian antara lain: (1) kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas III; (2) faktor penyebab adanya kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas III; dan (3) kesulitan penulisan ejaan dalam menulis karangan narasi yang dialami oleh siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III di SDN Lesanpuro 1 Malang. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan didukung instrumen berupa pedoman wawancara, lembar kuesioner, dan lembar tugas mengarang. Teknik analisis data melalui kegiatan pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa melakukan kesalahan penulisan ejaan dalam menulis karangan narasi; (2) Faktor utama yang menjadi penyebab kesalahan penulisan ejaan yaitu dikarenakan kebiasaan siswa seperti menulis kata yang tidak lengkap, menulis kata perkata disambung, ketidaktelitian siswa dan kurang berlatih; (3) Sebagian besar kesulitan yang dialami siswa pada penggunaan ejaan dalam menulis karangan narasi yaitu tidak mengetahui kapan dan dimana penggunaan ejaan tersebut digunakan. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hampir semua siswa kelas III di SDN Lesanpuro 1 Malang melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan, yaitu pada penulisan huruf kapital, penulisan tanda baca, dan penulisan kata. Kesalahan penggunaan ejaan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor kebiasaan dan kurang berlatihserta adanya kesulitan khususnya dalam peletakkan ejaan. Oleh karena itu, diharapkan siswa dapat berlatih lagi dalam penggunaan ejaan serta guru harus lebih intensif melatih siswa pada penggunaan ejaan dalam menulis karangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item