Proses translasi representasi verbal ke grafik / Dwi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses translasi representasi verbal ke grafik / Dwi Rahmawati

Rahmawati, Dwi (2018) Proses translasi representasi verbal ke grafik / Dwi Rahmawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rahmawati Dwi. 2018. Proses Translasi Representasi Verbal ke Grafik. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Dr. Subanji M.Si (3) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Translasi Representasi Verbal Grafik Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses translasi representasi verbal ke grafik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 dan 4 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen bantu berupa tugas terkait masalah translasi representasi verbal ke grafik dan pedoman wawancara. Mahasiswa menyelesaikan tugas disertai think aloud. Peneliti mengamati dan mencatat hal penting yang akan dikonfirmasi melalui wawancara. Wawancara dilakukan untuk mendalami dan mengklarifikasi proses translasi yang dilakukan mahasiswa serta menjaring informasi yang belum diperoleh melalui think aloud. Data yang telah diperoleh kemudian dianalis dengan tahapan mentranskrip data menelaah data mereduksi data mengoding data mendeskripsikan memaparkan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada tiga jenis translasi representasi verbal ke grafik yaitu translasi representasi verbal ke grafik melalui perantara representasi simbolik translasi representasi verbal ke grafik melalui perantara representasi numerik translasi representasi verbal ke grafik tanpa melalui perantara representasi lain (2) proses translasi representasi verbal ke grafik untuk masing-masing jenis adalah proses translasi representasi verbal ke grafik melalui perantara representasi simbolik dimulai dari unpacking the source yang dilakukan dengan membaca masalah membuat gambar skema dari ilustrasi verbal memahami informasi verbal yang diberikan mengidentifikasi informasi yang diberikan mengidentifikasi apa yang hendak dicari memilih informasi penting/ yang relevan. Pada tahap preliminary coordination dilakukan dengan memisalkan informasi verbal menggunakan simbol membagi kasus menjadi beberapa sub kasus menghubungkan antar informasi verbal yang ada menghubungkan informasi verbal dengan konsep yang dimiliki menentukan koordinat titik menetukan sumbu koordinat. Pada tahap constructing the target dilakukan dengan menentukan persamaan yang menyatakan hubungan antara dua variabel membuat sketsa bidang koordinat melabeli sumbu koordinat meletakkan anggota domain dan range meletakkan koordinat titik pada bidang koordinat kartesius menarik garis yang menghubungkan koordinat titik. Pada tahap determining equivalence dilakukan dengan mengecek kesesuaian antara persamaan yang diperoleh dengan situasi verbal menafsirkan grafik yang diperoleh kemudian melihat kesesuaianya dengan skema dari situasi verbal maupun melihat kembali informasi verbal yang diberikan. vi Proses translasi representasi verbal ke grafik dengan perantara numerik dimulai dari unpacking the source yang dilakukan dengan membaca masalah mengidentifikasi informasi verbal membuat skema untuk beberapa informasi verbal mengidentifikasi apa yang akan dicari menafsirkan informasi verbal menentukan pola perubahan suatu variabel terhadap variabel lain. Pada tahap preliminary coordination dilakukan dengan memisalkan informasi verbal dengan simbol menghubungkan antar informasi yang diberikan menghubungkan informasi yang diberikan dengan pengetahuan yang dimiliki membuat contoh kasus dan menyimpulkan kasus dengan simbol menentukan koordinat titik mengaitkan hubungan antara variabel bebas dan terikat yang telah diperoleh sebagai koordinat titik dengan pasangan absis dan ordinat menentukan sumbu koordinat. Pada tahap constructing the target dilakukan dengan menentukan hubungan antara variabel bebas dan terikat secara numerik membuat sketsa bidang koordinat melabeli sumbu koordinat meletakkan anggota domain dan range meletakkan koordinat titik menarik garis yang menghubungkan koordinat titik berdasarkan pola perubahan antar variabel. Pada tahap determining equivalence dilakukan dengan menafsirkan grafik yang diperoleh kemudian membandingkan dengan representasi verbal yang diberikan. Proses translasi representasi verbal ke grafik tanpa perantara representasi lain dimulai dari unpacking the source dilakukan dengan membaca masalah secara berulang mengidentifikasi informasi verbal mengidentifikasi apa yang akan dicari menafsirkan informasi verbal. Pada tahap preliminary coordination dilakukan dengan memisalkan informasi verbal dengan simbol menghubungkan antar informasi yang ada menghubungkan informasi verbal dengan konsep yang dipahami menganalisa hubungan perubahan variabel bebas terhadap variabel terikat menentukan koordinat titik. Pada tahap constructing the target dilakukan dengan membuat sketsa bidang koordinat menentukan sumbu koordinat melabeli sumbu koordinat meletakkan anggota domain dan range meletakkan koordinat titik menarik garis yang menghubungkan koordinat titik. Pada tahap determining equivalence dilakukan dengan menafsirkan grafik yang diperoleh kemudian membandingkan dengan representasi verbal yang diberikan. Penelitian ini masih terbatas pada proses translasi representasi verbal ke grafik. Hal tersebut memungkinkan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang proses translasi representasi grafik ke verbal verbal ke simbolik dan sebaliknya maupun simbolik ke grafik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64549

Actions (login required)

View Item View Item