Kesadaran siswa SD yang mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah / Timbul Yuwono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesadaran siswa SD yang mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah / Timbul Yuwono

Yuwono, Timbul (2018) Kesadaran siswa SD yang mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah / Timbul Yuwono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuwono Timbul. 2018. Kesadaran Siswa SD yang Mengalami Kegagalan dalam Menyelesaikan Masalah. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (3) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata kunci kesadaran kegiatan kognitif penyelesaian masalah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran akan kegiatan kognitif siswa SD yang mengalami kegagalan dalam menyesaikan masalah. Kesadaran dalam penelitian ini berdasarkan adanya aspek kegiatan siswa memperhatikan (attention) menyeleksi (selectivity) menggunakan pengetahuan sebelumnya (recall of knowledge ) dan kebaruan hasil berfikirnya (novelty). Kegiatan kognitif siswa SD dalam menyelesaikan masalah dibagi empat episode yaitu memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian melihat kembali penyelesaian masalah. Metode penelitian ini dengan memberikan tes pemecahan masalah pada 18 siswa yang diselesaikan dengan menyuarakan pikirannya (think aloud) di SD kelas V SDN Percobaan 2 Malang. Empat siswa diambil sebagai subjek penelitian karena pada siswa-siswa tersebut ditemukan kesadaran kegiatan kognitif dalam penyelesaian masalah tetapi tidak menemukan jawaban yang benar. Peneliti mewawancarai 4 siswa tersebut berdasarkan hasil jawaban yang telah dikerjakan untuk mengekplorasi hasil berfikirnya. Selanjutnya hasil jawaban tes pemecahan masalah siswa transkrip think aloud dan wawancara dianalisis untuk melihat deskripsi kesadaran siswa yang mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah. Dalam memahami masalah siswa sudah melakukan pemusatan daya mental (attention) dengan menuliskan informasi yang diketahui dan menyatakan masalah dengan kalimatnya sendiri. Siswa mengetahui apa yang seharusnya diketahui dengan mendeklarasikan informasi penting pada soal. Siswa melakukan seleksi teks (selectivity) pada soal yang dapat digunakan sebagai data untuk penyelesaian masalah. Dengan demikian ada kesadaran kegiatan kognitif siswa ketika memahami masalah Dalam menyusun rencana siswa membutuhkan pengetahuan sebelumnya (recall of knowledge) untuk melakukan strategi yang memudahkan dalam perhitungannya. Siswa memperhatikan (attention) strategi penyelesaian berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil memahami masalah. Dengan demikian ada kesadaran kegiatan kognitif siswa ketika menyusun rencana penyelesain masalah Dalam melaksanakan rencana siswa memperhatikan (attention) dengan seksama proses perhitungannya sesuai dengan rencana yang ia susun dan melakukan revisi jika terjadi kesalahan dalam proses menyelesaikan masalah. Dengan demikian ada kesadaran kegiatan kognitif siswa ketika melaksanakan rencana penyelesain masalah. Dalam melihat kembali hasil pekerjaannya siswa melakukan perhatian (attention) untuk mengecek kesalahan yang ia buat dan merevisi hasil berfikirnya (novelty) jika terjadi kesalahan. Dengan demikian ada kesadaran kegiatan kognitif siswa ketika melihat kembali Kesadaran subjek yang mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah disebabkan hal-hal berikut (1) Siswa tidak familiar terhadap satuan ukuran berat daripada satuan ukuran panjang sehingga pada saat menyamakan satuan ukuran terjadi kesalahan. (2) Siswa tidak membaca secara komprehensif makna kata untuk direpresentasikan menjadi operasi bilangan (3) Siswa mengalami kegagalan dalam pemanggilan memori jangka panjang tentang konsep operasi bilangan pecahan. (4) Siswa melakukan kesalahan dalam penyetaraan bilangan pecahan. (5) Siswa tidak dapat mengingat konsep perbandingan bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64543

Actions (login required)

View Item View Item