Setianingsih, Rini (2017) Pengembangan desain interaksi dalam pembelajaran matematika realistik untuk siswa sekolah dasar yang memperhatikan beban kognitif, scaffolding dan zone of proxinal development / Rini Setianingsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setianingsih Rini. 2017. Pengembangan Desain Interaksi Dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang Memperhatikan Beban Kognitif Scaffolding dan Zone of Proximal Development. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (III) Dr. H. Makbul Muksar M.Si. Kata kunci desain interaksi pembelajaran matematika realistik cognitive load theory scaffolding zone of proximal development. Kurikulum 2013 menegaskan bahwa proses pembelajaran seyogyanya mengedepankan pengalaman personal sekaligus membiasakan siswa untuk bekerja dalam jejaring melalui collaborative learning. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang mewadahi pengalaman personal belajar kolaboratif sekaligus interaksi dalam pembelajaran yang salah satunya adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Berdasarkan kajian pustaka dan pengamatan di lapangan interaksi yang terjadi dalam PMR muncul secara acak atau sporadis dan belum optimal padahal interaktivitas merupakan salah satu karakteristik PMR. Dalam berinteraksi terjadilah diskusi dalam mengonstruk pengetahuan. Proses konstruksi tersebut akan optimal jika guru berhasil memberikan scaffolding dan memperhatikan beban kognitif serta mengetahui posisi relatif perkembangan kognitif siswa terhadap zone of proximal development. Untuk itu dibutuhkan suatu desain interaksi yang mampu mendorong dan menggerakkan unsur-unsur dalam pembelajaran yaitu guru siswa materi pelajaran dan lingkungan belajar untuk berinteraksi secara optimal dalam rangka mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan desain interaksi dalam pembelajaran matematika realistik di Sekolah Dasar yang memperhatikan beban kognitif scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD) yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif (2) mendeskripsikan interaksi yang terjadi pada pembelajaran matematika yang menggunakan desain interaksi yang memperhatikan beban kognitif scaffolding dan ZPD sebagaimana dikembangkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (design research) yang dalam proses pengembangan produknya menggunakan model pengembangan Plomp (2010) yang meliputi tahap penelitian awal tahap desain/prototipe dan tahap penilaian. Untuk mendapatkan kriteria valid dilakukan validasi oleh dua orang pakar dalam penelitian pengembangan dan mempunyai penguasaan yang luas tentang teori beban kognitif scaffolding dan ZPD sebelum perangkat diujicobakan secara terbatas. Setelah proses perbaikan sesuai saran validator dilakukan uji coba terbatas untuk memenuhi kriteria praktis yang dilihat dari keterlaksanaan desain interaksi aktivitas siswa hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap implementasi desain interaksi yang dikembangkan dalam pembelajaran. Untuk memenuhi kriteria praktis dan efektif diperoleh data tentang keterlaksanaan desain interaksi aktivitas siswa hasil belajar siswa respon siswa dan wawancara dengan guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi lembar pengamatan kuesioner lembar penilaian hasil belajar siswa pedoman wawancara dan rekaman video pembelajaran. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5B SD Labschool Unesa. Hasil dari penelitian ini berupa Desain Interaksi dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang memperhatikan Beban Kognitif Scaffolding dan Zone of Proximal Development Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar kerja Siswa (LKS) dan Lembar Penilaian Hasil Belajar (LPHP) serta Buku Model. Hasil pengembangan produk-produk tersebut adalah sebagai berikut. Desain interaksi dalam PMR memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor sebesar 4 02. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3 41 dan 3.75 sedangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3 39 dan 3 5. Lembar Penilaian Hasil Belajar (LPHB) memenuhi kriteria valid dengan rata-rata sebesar 3.73 dan 3.77. Respon siswa terhadap pembelajaran ini juga sangat baik dengan persentase sebesar 94 44% siswa memberi respon positif terhadap implementasi desain interaksi dalam pembelajaran matematika realistik. Desain Interaksi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan uraian sebagai berikut (a) Penilaian yang diberikan oleh dua orang validator menunjukkan bahwa desain interaksi ini dapat digunakan dengan revisi kecil (b) Hasil keterlaksanaan desain interaksi dalam pembelajaran yang memenuhi kategori baik dengan rata-rata skor keterlaksanaan desain secara keseluruhan selama empat kali pertemuan sebesar 4.33 yang termasuk kategori sangat baik (c) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa ketuntasan individual siswa mencapai 100% (d) Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa desain interaksi yang dikembangkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang dijabarkan dalam RPP guru merasa senang dan mudah dalam menggunakannya. Dari uraian di atas dapat disimpulkan desain interaksi ini memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Adapun buku model yang dihasilkan dapat digunakan untuk keperluan diseminasi hasil penelitian sebagaimana disarankan oleh guru mitra dalam wawancara dengan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disimpulkan di atas peneliti memberikan saran atau rekomendasi kepada pembaca yang berminat untuk menindaklanjuti penelitian ini sebagai berikut (1) Desain interaksi yang dihasilkan dalam penelitian ini baru sampai pada tahap pengembangan dan uji coba terbatas. Untuk mengetahui keefektifannya disarankan untuk mengimplementasikan pada ruang lingkup yang lebih luas dan di sekolah yang beragam baik yang sudah pernah menggunakan PMR sebagai salah satu pendekatan dalam mengajar maupun yang belum pernah menggunakan PMR. (2) Bagi guru yang ingin menerapkan pada materi matematika lain bisa menyusun sendiri perangkat pembelajaran yang dimaksudkan dengan memperhatikan dan memadukan komponen-komponen desain interaksi dengan karakteristik materi pelajaran yang akan disusun. Sebagai bagian dari hasil penelitian ada beberapa temuan menarik dalam penelitian ini yaitu (1) Proses pengembangan desain interaksi dalam PMR yang dilakukan peneliti tidak berjalan dengan lancar namun mengalami beberapa uji coba dan kegagalan. Setidaknya ada dua hal yang bisa dikatakan sebagai penyebab kegagalan yaitu bahwa guru belum memiliki pengalaman dalam menerapkan desain interaksi yang dikembangkan sehingga ia bingung dalam menerapkannya dalam pembelajaran. Selain itu prototipe awal desain tidak dilengkapi dengan deskripsi atau panduan pada setiap langkah pembelajaran. Agar desain interaksi mudah digunakan oleh guru sebaiknya perlu memberikan panduan dalam bentuk video yang tidak terbatas pada penjelasan tapi juga contoh praktis atau tidak hanya teori tapi juga praktik (2) Pentingnya mengindahkan peran guru dalam pembelajaran. Guru adalah elemen kunci dalam penerapan desain interaksi karena gurulah yang membangkitkan dan mengoptimalkan interaksi dalam pembelajaran melalui serangkaian pesan kepada siswa baik ketika siswa melakukan tugas perorangan dalam kelompok kecil atau dalam setting kelas. Oleh karena itu seorang pengembang desain perlu melakukan semacam penilaian terhadap pengetahuan guru tentang materi yang sedang dipelajari tentang pemahaman guru terhadap produk yang dikembangkan sehingga guru dapat melakukan implementasi dengan lancar. Selain itu perlu melibatkan aspek komunikasi interpersonal dengan guru sehingga pesan atau hal-hal yang ingin dicapai dengan pengembangan desain dapat diwujudkan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |