Sutini (2017) Proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematis di SMP Negeri Gresik / Sutini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sutini 2017. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis di SMP Negeri Gresik. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (II) Dr. I. Nengah Parta S.Pd. M.Si. (III) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci Berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dalam Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika yang diterbitkan Depdiknas (2006) mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa dengan tujuan membekali kemampuan berpikir logis analitis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan dua kompetensi dari beberapa kompetensi yang ditekankan dalam kurikulum 2013 untuk mata pelajaran matematika di sekolah. Kedua kompetensi ini erat kaitannya satu dengan yang lainnya karena untuk memecahkan suatu masalah matematika harus melibatkan aktivitas berpikir yang cukup kompleks seperti berpikir kritis berpikir analitik dan berpikir kreatif. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah melalui empat tahapan yaitu gathering information evaluates of information making solution dan evaluates the conclusions. Pada tahap gathering information siswa dapat mengidentifikasi informasi menghubungkan informasi yang relevan mengelompokkan informasi sesuai bagiannya menetapkan tujuan dalam masalah. Kemudian evaluates of information yaitu menyeleksi informasi menjadi hal penting menetapkan asumsi menghubungkan informasi berdasarkan asumsi mengidentifikasi strategi yang akan dilakukan. Pada tahap making solution siswa dapat memprediksi memproses dan menetapkan hasil penyelesaian. Pada tahap evaluates the conclusions menetapkan keyakinan hasil penyelesaian dan mengklarifikasi hasil penyelesaian. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gresik kelas VIII teknik pengumpulan datanya yaitu memberikan masalah kepada siswa untuk diselesaikan. Untuk memperoleh informasi terjadinya berpikir kritis maka dilakukan langkah-langkah sebagai berikut 1) siswa diberi tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut sekaligus menuliskan dan think aloud 2) peneliti merekan semua gerakan atau ungkapan verbal dari siswa pada saat siswa menyelesaikan masalah dan 3) peneliti melakukan wawancara untuk mendalami apa yang sedang dipikirkan siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan diperoleh hasil penelitian bahwa siswa mampu melakukan proses berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematis melalui empat tahapan sebagai berikut Gathering information Siswa mampu mengidentifikasi semua informasi dengan benar. Kemudian siswa mampu menghubungkan dan mengelompokkan informasi berdasarkan menu hidangan dengan proporsi masing masing meskipun beberapa siswa tidak melakukan salah satunya. Selanjutnya siswa mampu menetapkan tujuan dalam masalah dengan jelas dan benar. Evaluates of information Siswa mampu menyeleksi informasi yang relevan dikarenakan siswa dalam memproses informasi dilakukan dengan benar meskipun ada beberapa siswa yang mengalami kesalahan menyeleksi informasi yang tidak relevan dikarenakan kesalahan pemahaman dan ingatan kembali dalam memproses informasi. Kemudian siswa mampu menetapkan asumsi berdasarkan dengan tepat melalui perhatian selektif. Tetapi ada beberapa siswa dalam menetapkan asumsi mengalami perhatian terbagi. Selanjutnya siswa mampu menghubungkan asumsi dengan informasi dan mengidentifikasi strategi yang akan dilakukan. Making solution Siswa mampu memprediksi strategi pemecahan masalah yang berbeda beda. Kemudian siswa mampu memproses penyelesaian masalah. Ada beberapa siswa yang mengunakan strategi pemecahan masalah mencoba coba (trial and error) memperhitungkan setiap kemungkinan sehingga strategi yang digunakan campuran (KPK Perbandingan dan mencoba coba) menemukan pola dan memperhitungkan setiap kemungkinan berpikir logis atau menggunakan penalaran dan mencoba dengan pola yang lebih sederhana. Selanjutnya siswa mampu menetapkan hasil penyelesaian dengan jelas dan benar. Evaluates the conclusions Siswa mampu menetapkan keyakinan dengan jelas dan benar. Kemudian siswa mampu mengklarifikasi hasil penyelesaian dengan jelas dan benar. ABSTRACT Sutini 2017. The Process of Critical Thinking Students in Solving Mathematic problems in junior high Schools state in Gresik.Dissertation Mathematics Education department Postgraduate University of state Malang Advisors (I) Prof.h. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (II) Dr. I. Nengah Parta S.Pd. M.Si. (III) Dr. Hery Susanto M.Si Keywords Critical thinking and problem solving. In standards competence of Mathematics Subject published by Depdiknas (2006) mathematics subjects should be provided to all students with the aim of equipping logical analytical systematic critical and creative thinking skills as well as the ability to work together. Critical thinking and problem solving competencies are two competencies that are emphasized in the 2013 mathematics curriculum. Both of these competencies are closely related to each other because solving a mathematical problem must involve a fairly complex thinking activity such as critical thinking analytical thinking and creative thinking. The goal of this research is to describes the students critical thinking process in solving problems through four stages i e gathering information evaluates of information making solution and evaluates the conclusions. At the gathering information stage students identify information linking relevant information grouping information according to their part setting goals in the problem.Then evaluates of information is focusing information becomes important setting assumptions linking information based on assumptions identifying strategies to be performed. At the making solution stage students predicting processing and define the solution.in stage of evaluates the conclusions establishes the confidence of the outcome and clarifies the outcome. This research was conducted in SMP Negeri 1 Gresik grade VIII the reseacrh data was colleting is giving problem to student to be finished. In order to obtain information on the occurrence of critical thinking the following steps are followed 1) the students are given the task to solve the problem as well as writing and think aloud 2) All movements or verbal phrases from student while they solve problem are recording and 3) Interview for deepen exploration student thinking. Based on the analysis and discussion of research results obtained that students are able to perform the process of critical thinking in solving mathematical problems through the following four stages Gathering information Students are able to identify all information correctly. Then the students are able to link and group information based on the menu of the dish with each proportion although some students do not do one of them. Furthermore the student is able to set the goal in the problem clearly and correctly. Evaluates of information Students are able to select relevant information because the students in processing information are done correctly although some students experience errors in selecting irrelevant information due to misunderstanding and recall in processing information . Then students are able to set assumptions based appropriately through selective attention. But there are some students in setting the assumptions of divided attention. Furthermore students are able to relate assumptions with information and identify strategies to be undertaken. Making solution Students are able to predict different problem solving strategies. Then the students are able to process the problem solving. There are some students who use problem solving strategies to trying (trial and error) account every possibility that used mixture strategy (KPK Comparison and trying) find patterns and take into account every possibility think logically or to use reason and try to A simpler pattern.Furthermore students are able to set the outcome clearly and correctly. Evaluates the conclusions Students are able to set their beliefs clearly and correctly. Then the students are able to clarify the results of the settlement clearly and correctly.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64538 |
Actions (login required)
View Item |