Pengembangan model pembelajaran Elip-Marc berseting TPS cooperative learning untuk meningkatkan penalaran matematis siswa / Wisulah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran Elip-Marc berseting TPS cooperative learning untuk meningkatkan penalaran matematis siswa / Wisulah

Wisulah (2017) Pengembangan model pembelajaran Elip-Marc berseting TPS cooperative learning untuk meningkatkan penalaran matematis siswa / Wisulah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wisulah. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Elip-Marc Berseting TPS Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa. Disertasi. Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Purwanto Ph.D (II) Dr. I. Nengah Parta M.Si (III) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci Elip-Marc Model Pembelajaran Penalaran Matematis Pengembangan TPS Penalaran matematis merupakan basis dari belajar matematika. Belajar matematika berarti belajar bernalar. Dalam proses pembelajaran belajar bernalar selalu terkait dengan pemecahan masalah komunikasi matematis koneksi dan representasi matematis. Penalaran matematis merupakan perekat diantara kelima standar proses pembelajaran. Namun demikian dari kaji literatur ditemukan bahwa (a) penalaran matematis siswa di negara kita dan juga negara negara yang sedang berkembang di sekitar kita cenderung rendah (b) tetapi jika guru secara gigih (persistent) memfasilitasi proses pembelajaran dengan perangkat yang mendukung maka penalaran matematis siswa dapat meningkat. Dari alasan itu perlu fasilitas proses pembelajaran matematika yang mendukung terjadinya interaksi yang membangun penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan model pembelajaran Elip - Marc berseting TPS Cooperative Learning untuk meningkatkan penalaran matematis siswa yang memiliki kriteria valid praktis dan efektif. Elip Marc merupakan akronim dari Eliciting Inserting Pressing Maintening Reflecting dan Confirming merupakan aktivitas dalam proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengikuti model penelitian Nieven Mc Kenney dan Van den Akker ( 2006 153) dan Plomp (2007) dengan langkah langkah (1) Preliminary research (studi pendahuluan) (2) Prototyping stage (tahap perancangan prototipe) (3) Summative evaluation (tahap evaluasi dan (4) Systematic reflection and documentation. Studi pendahuluan adalah mereviu literatur mencermati kebijakan dan tuntutan kurikulum yang berlaku mengkaji penelitian terdahulu dan studi awal tentang praktek pembelajaran matematika yang terjadi di lapangan. Perancangan prototipe adalah merancang (1) buku model pembelajaran di dalamnya memuat rasionalisasi pengembangan model landasan teori sintak model sistem sosial dan prinsip reaksi dan (2) perangkat pendukung yang terdiri dari (a) buku siswa di dalamnya memuat petunjuk dan Lembar Kerja Siswa (b) buku guru di dalamnya memuat petunjuk guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan rencana proses pembelajaran (RPP) (4) Tes Penguasaan Bahan Ajar (TPBA) yang diberi label RAT (Reasonable Answer Test). Semua produk yang dikembangkan bercirikan aktivitas Elip Marc. Fokus materi pada produk yang dikembangkan adalah Masalah bangun ruang sisi datar Semua produk prototipe berorientasi aktivitas Elip Marc yang didukung worksheet dengan format RAT (Reasonable Answer Test). RAT adalah bentuk tugas yang disajikan dalam bentuk word problem dan menuntut langkah penyelesaian (1) proses matematisasi dengan membuat ilustrasi sketsa gambar (2) memilih dan menentukan strategi penyelesaian (3) menentukan model matematika dan menentukan selesaian dengan strategi pilihan (4) mengecek balik jawaban (5) memberikan kesimpulan dengan alasan yang masuk akal. Dan memberikan penjelasan dari jawaban yang diberikan. Semua prototipe telah melalui uji validasi uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji validasi dilakukan oleh validator ahli. Semua produk dinyatakan valid secara isi maupun konstruk. Uji kepraktisan dan keefektifan produk dilakukan uji coba penerapan model pembelajaran dan perangkat pendukungnya dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada siswa kelas VIII F G dan H SMP Negeri 3 Kepanjen semester genap 2014 - 2015 pada materi Masalah Bangun Ruang Sisi Datar . Melalui analisis hasil pengamatan aktivitas guru dalam proses pembelajaran didukung hasil angket respon guru dan hasil wawancara maka diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran dinyatakan praktis. Melalui analisis hasil pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran didukung hasil kerja LKS hasil kerja RAT dan hasil angket respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran dinyatakan efektif. Oleh karena itu agar siswa dapat meningkatkan penalaran matematisnya maka guru sebagai pelaksana pembelajaran seyogyanya secara gigih (persistent) dan telaten meng-ajar matematika dengan memberi fasilitas pembelajaran yang menantang dan memotivasi siswa untuk bernalar secara matematis dengan menerapkan model pembelajaran Elip - Marc berseting TPS Cooperative Learning. Penerapan model ini menempatkan pertanyaan sebagai basis dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas dari unsur Elip Marc membutuhkan jenis jenis pertanyaan tertentu. Dalam penelitian ini peneliti tidak mengidentifikasi dan mengelompokkan pertanyaan yang termasuk dalam masing masing unsur disarankan kepada peneliti dan pengembang model pembelajaran yang menekankan pada peningkatan penalaran matematis perlu diidentifikasi dan pengelompokan pertanyaan pertanyaan dari masing masing unsur dan dicantumkan pada buku guru. ABSTRACT Wisulah. 2017. Elip Macr Learning Models Development Via TPS of Cooperative Learning to Improve Student s Mathematical Reasoning. Dissertation. Postgraduate Department of Mathematics Education Universitas Negeri Malang. The Advisors Are (1). Prof. Purwanto Ph.D (2). Dr. I. Nengah Parta M.Si and (3). Dr. Sri Mulyati M.Pd. Keywords Elip-Marc Learning Model Mathematical Reasoning Development Study TPS Mathematical reasoning is the basis of learning mathematics. Learning mathematics means learning to reason. In the learning process learning to reason always associated with problem solving mathematical communication connections and mathematical representation. Mathematical reasoning is the glue between the five standard learning process. However on the review of the literature found that (a) the student s mathematical reasoning in our country and also the other countries tend to be low (b) However if the teacher persistent to facilitate the learning process with any device that supports it then the student s mathematical reasoning can be increased. Of the reason it would need to think about a strategy in order to facilitate the learning process of mathematics that support interaction is building mathematical reasoning. The purpose of this study is to describe the development process and generate Elip Marc model of learning via TPS cooperative learning in order to improve student s mathematical reasoning who have valid practical and effective criteria. Elip - Marc is an acronym of Eliciting Inserting Pressing Maintening Reflecting and Confirming an activity in the learning process in an effort to improve mathematical reasoning. This research approach is development study with a cycles research stage follows the stages that are offered (Nieven at.al 2006 Plomp 2007) namely (1) Preliminary research (2) Prototyping stage (3) Summative evaluation and (4) Systematic reflection and documentation. A preliminary study of the activity are reviewing the literature observe the policies and the demands of the curriculum review previous research and performing empirical mathematical learning in the schools. The activities of the design prototype is to design learning model and learning device. So there are three types of product prototypes are developed namely (1) learning model as a conceptual framework and a reference in developing the supporting device. Components of this model consists of a syntax model the social system the principle of reaction instructional and nurturent effects (2) learning device for carrying out teaching methods and to measure the practicality and effectiveness of the learning model and (3) The research instrument to assess the quality of the model and the device with regard to the validity practicality and effectiveness. All products are Elip Marc activity oriented and supported by worksheet with RAT (Reasonable Answer Test) format. RAT is a form of tasks that are presented in the form of word problem and demanding step solution (1) making illustrations sketches (2) selecting and determining the strategy completion (3) determining the mathematical model and specify the solusion with a strategy of choice (4) checking the flip answer (5) providing a conclusion with reasonable answers. And provide an explanation of the answers given. All prototypes have been through validation practicality and effectiveness of tests. Validation test performed by the validator. All products are declared valid as constructs and content. Practicality and effectiveness test of the product conducted by implementation Elip Marc model in the learning process in eight grade students of SMP Negeri 3 Kepanjen on even cemester at 2014 - 2015 on the material Problem solving about three dimention space . Through the results analysis of the activity observation of the teacher in the learning process supported the questionare and interviews response of teachers obtained conclusions that interaction model is expressed practically. Through the results of analysis of the activity observation of the students in the learning process supported the work of the RAT and questionare response of students obtained conclusions that learning model is declared effective. Therefore in order for the students to improve their mathematical reasoning the teacher as the implementer of learning should be persistent and painstaking teach mathematics by providing learning facilities that are challenging and motivating the students to reasoning mathematically by applying the learning model Elip Marc. The implementation of these model put the question as a base in the learning process. Every Elip Marc activity takes a certain type of question. In this study did not identify and classify the questions included in each item it is recommended to researchers and developers of learning model that emphasizes on improving mathematical reasoning needs to be identified and a grouping of questions from each element and imprinted on the teacher s book.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64536

Actions (login required)

View Item View Item