Kegagalan konstruksi bukti matematis berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi / Syukma Netti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegagalan konstruksi bukti matematis berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi / Syukma Netti

Netti, Syukma (2017) Kegagalan konstruksi bukti matematis berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi / Syukma Netti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syukma Netti 2017. Kegagalan Konstruksi Bukti Matematis berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph. D. (II) Dr. Subanji M. Si. (III) Dr. Sri Mulyati M. Pd. Kata Kunci kegagalan konstruksi bukti tahap pembuktian asimilasi akomodasi skema masalah pembuktian. Bukti merupakan konsep yang penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa Jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika. Konsep ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami teorema. Meskipun konsep ini sangat penting bagi kebanyakan mahasiswa konsep ini dirasa sangat sulit. Pemahaman mahasiswa terhadap konsep ini sangat terbatas. Hal ini sesuai dengan hasil observasi sebagai penelitian awal yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Ketika mereka diminta menyelesaikan masalah pembuktian sebagian besar mahasiswa tidak berhasil atau gagal menyelesaikan masalah pembuktian. Mahasiswa gagal dalam mengonstruksi bukti yang valid karena mereka tidak menggunakan pengetahuan mereka dengan benar. Beberapa kasus yang ditemukan pada mahasiswa dalam observasi tersebut adalah sebagai berikut ini. Pertama menggunakan contoh untuk membuktikan teorema. Kedua tidak bisa sama sekali menyelesaikan masalah pembuktian yang diberikan karena mahasiswa tidak bisa menuliskan dalam bentuk formalnya. Kedua mengaitkan satu pernyataan dengan pernyataan lainnya tanpa alasan yang jelas. Hal ini menunjukkan mahasiswa belum mempertimbangkan kapan dan bagaimana definis dan teorema digunakan dalam pembuktian hubungan antara premis dan konklusi serta aturan penarikan kesimpulan. Berdasarkan kasus di atas penelitian tentang proses terjadinya kegagalan konstruksi bukti matematis yang dilakukan mahasiswa penting dilakukan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses kegagalan konstruksi bukti mahasiswa dalam menghasilkan bukti matematis yang valid berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universtas Negeri Malang yang telah menyelesaikan mata kuliah Kalkulus I dan II. Sumber data penelitian ini adalah proses berpikir mahasiswa yang tercermin dari jawaban tertulis dan transkrip think aloud. Data tertulis diperoleh ketika subjek menyelesaikan masalah pembuktian secara tertulis dan data transkrip think aloud yang diperoleh dari subjek ketika menyelesaikan masalah pembuktian dengan menyuarakan apa yang dipikirkannya. Dalam penelitian ini ditemukan tiga tipe proses terjadinya kegagalan konstruksi bukti matematis (KKBM ) yang dilakukan mahasiswa yaitu (1) proses KKBM ketidaklengkapan yang disertai ketidakterhubungan (2) proses KKBM ketidaksesuaian skema (3) proses KKBM ketidakmatangan skema.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64534

Actions (login required)

View Item View Item