Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam pengambilan keputusan tentang penugasan matematis / Ajeng Gelora Mastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam pengambilan keputusan tentang penugasan matematis / Ajeng Gelora Mastuti

Mastuti, Ajeng Gelora (2017) Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam pengambilan keputusan tentang penugasan matematis / Ajeng Gelora Mastuti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ajeng Gelora Mastuti 2017. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pengambilan Keputusan Tentang Penugasan Matematis. Disertasi. Program Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Promotor Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Ko-promotor I Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. Ko-promotor II Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pengambilan keputusan dan Penugasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam pengambilan keputusan tentang penugasan matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini awalnya 3 guru SMA. Setelah dilakukan pengamatan dan pertimbangan secara mendalam hanya seorang guru yang konsisten dengan penugasan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dua tahap yaitu pengamatan kelas dan wawancara. Pada tahap pertama peneliti mengamati interaksi guru dan siswa dengan tujuan mengumpulkan informasi PCK guru selama memberi penugasan di kelas. Pada tahap kedua peneliti melakukan wawancara terhadap guru untuk mengetahui PCK yang digunakan oleh guru dalam pengambilan keputusannya. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menelaah data reduksi data penyajian data pemeriksaan keabsahan data analisa data yang menarik dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan proses pengambilan keputusan pada tahap menghasilkan ide subjek lebih dominan mempertimbangkan kemampuan siswa dan mengeksplorasi proses berpikir kritis siswa yaitu dengan melakukan reformasi tugas dengan pertanyaan yang bersifat membangun ide-ide siswa secara terbuka dan kreatif. Pada tahap mengklarifikasi ide subjek dominan mempertimbangkan kemampuan siswa baik terhadap konsep yang dimiliki siswa dan mengklarifikasi miskonsepsi siswa yang mungkin muncul ketika penugasan. Subjek sangat mengetahui apa yang dibutuhkan siswanya. Subjek mengetahui pengetahuan awal atau pengetahuan sebelumnya yang dimiliki oleh siswanya sehingga hal tersebut menjadi bahan pertimbangan subjek dalam mengembangkan penugasannya. Subjek juga mempertimbangkan kesulitan siswa dalam setiap penugasannya. Subjek juga mengklarifikasi tentang semua kemungkinan jawaban yang telah dibuatnya. Subjek mengetahui tujuan pembelajaran pada silabus untuk diterapkan dalam penugasannya. Pada tahap menilai kewajaran ide penilaian subjek lebih dilakukan berdasarkan keyakinan subjek terhadap dirinya sendiri dan terhadap siswanya. Oleh karena itu subjek merasa harus memperhatikan setiap strategi penugasannya dari awal hingga akhir. Strategi penugasan subjek yang bersifat terbuka dan bebas menyampaikan argumen telah dirancang sedemikian hingga sehingga mendapat respons positif dari siswa. Subjek sengaja membuat siswanya terbiasa berada di dalam kelompok kecil atau kelas di setting untuk diskusi sehingga siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi ketika menyampaikan jawabannya. Subjek sering menggunakan dialog untuk membantu siswa mengembangkan kebiasaan berpikir menganalisis dan verbalisasi siswa serta memungkinkan untuk membahas secara aktif cara berpikir siswa satu sama lain ketika mereka mencoba untuk memecahkan masalah. ABSTRACT Ajeng Gelora Mastuti 2017. Teacher s Pedagogical Content Knowledge (PCK) in Decision Making about Mathematical Assignment. Dissertation. Postgraduate Program of the State University of Malang. Promoter Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Co-promoter I Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. Co-promoter II Dr. Abadyo M.Sc. Keywords Pedagogical Content Knowledge (PCK) Decision-making and Assignment. This study aimed at exploring the teacher s Pedagogical Content Knowledge (PCK) in decision making about the mathematical assignment. This research employed a qualitative approach using a case study design. The subject of this research was initially 3 high school teachers. After careful observation and consideration only a teacher that is consistent in applying the different assignments. The data were collected in two stages using class observation and interview. In the first stage the researcher observed the interaction between teachers and students which aimed at collecting the information of teacher s PCK during giving the assignment in the classroom. In the second stage the researcher interviewed the teacher to know his PCK used in decision making. The data have been analyzed by studying data such as data reduction data presentation data validity checking data analysis and making the conclusion. This research found the decision-making process at the stage of generating ideas subjects are more dominant considering the students ability and exploring the critical thinking process of the students by doing the tasks reform with questions that build students ideas openly and creatively. At the clarifying stage of the idea the dominant subject considers the students abilities both on the concepts that students possess and clarifying the students misconceptions that may arise when assignment. The subject was very aware of what the student needs. The subject knew the initial knowledge or previous knowledge possessed by his students so it becomes the idea to develop the assignment. The subject also considers his student difficulties in each assignment. The subject also clarified about all the possible of students answers. The subject has known the learning objectives of the syllabus to be applied in his assignment. At the stage of assessing the reasonableness of the idea the assesment of the subject is more based on the belief of the subject on himself and on his students. Therefore the subject felt the need to pay attention to each assignment strategy from beginning to the end of the learning process. An open and free argumentation assignment strategy has been designed so that it gets a positive response from the students. The subject deliberately made his students accustomed to being in small groups or in class settings for discussion so the students have high confidence when delivering their answers. The subject often used the dialogue to help students develop their thinking habits analyze and verbalize as well as enable them to discuss actively and create a way of their thinking with each other in solving the problems.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64531

Actions (login required)

View Item View Item