Profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD se-Gugus 4 Blimbing Malang / Dhita Wuryaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD se-Gugus 4 Blimbing Malang / Dhita Wuryaningtyas

Wuryaningtyas, Dhita (2017) Profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD se-Gugus 4 Blimbing Malang / Dhita Wuryaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wuryaningtyas Dhita. 2017. Profil Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Pecahan pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Se-Gugus 4 Blimbing Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. Kata kunci profil kesalahan siswa soal cerita pecahan SD Soal cerita pecahan menjadi fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan studi pendahuluan di kelas IV SDN Kedungrejo 1 banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pecahan. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada masalah kesalahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan penyebab kesalahan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam mengerjakan soal cerita pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 4 Blimbing Malang sebanyak 204 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan yaitu (1)kesalahan memahami masalah pada soal nomor 1 sebanyak 30 39% nomor 2 sebanyak 38 23% nomor 3 sebanyak 35 29% nomor 4 sebanyak 30 39% nomor 5 sebanyak 40 68% nomor 6 sebanyak 37 25 nomor 7 sebanyak 31 86% nomor 8 sebanyak 40 19% nomor 9 sebanyak 31 86% dan nomor 10 sebanyak 35 29% (2) kesalahan perencanaan pada soal nomor 1 sebanyak 43 13% nomor 2 sebanyak 44 11% nomor 3 sebanyak (59 80%) nomor 4 sebanyak 43 62% nomor 5 sebanyak 45 56% nomor 6 sebanyak 38 23 nomor 7 sebanyak 45 58% soal nomor 8 sebanyak 44 11% nomor 9 sebanyak 40 19% dan nomor 10 sebanyak 35 29% (3) kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian pada soal nomor 1 sebanyak 14 7% nomor 2 sebanyak 36 27% nomor 3 sebanyak 21 07% nomor 4 sebanyak 52 94% nomor 5 sebanyak 52 94% nomor 6 sebanyak 51 47% nomor 7 sebanyak 50% nomor 8 sebanyak 20 09% nomor 9 sebanyak 51 47% dan nomor 10 sebanyak 59 80% (4) kesalahan menarik kesimpulan pada soal nomor 1 sebanyak 23 52% nomor 2 sebanyak 45 58% nomor 3 sebanyak 33 33% nomor 4 sebanyak 57 35% nomor 5 sebanyak 62 25% nomor 6 sebanyak 61 27% nomor 7 sebanyak 58 82% nomor 8 sebanyak 45 09% nomor 9 sebanyak 56 37% dan nomor 10 sebanyak 69 60%. Penyebab kesalahan siswa yaitu (a) siswa tidak memahami soal (b) siswa bingung menentukan operasi hitung yang digunakan (c) siswa terbiasa mengerjakan soal cerita tanpa menggunakan langkah-langkah penyelesaian soal cerita (d) siswa tidak paham langkah-langkah penyelesaian soal cerita (e) siswa tidak teliti (f) siswa lupa materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) penggunaan media dan metode pembelajaran yang efektif perlu digunakan oleh guru agar siswa lebih menguasai pemahaman tentang soal cerita pecahan (2) guru disarankan membimbing siswa dalam menemukan langkah-langkah penyelesaian soal cerita sehingga siswa tahu prosedur yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita (3) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat ditindak lanjuti untuk penelitian berikutnya misalnya langkah-langkah mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item