Proses imajinasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Teguh Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses imajinasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Teguh Wibowo

Wibowo, Teguh (2017) Proses imajinasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Teguh Wibowo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Teguh. 2017. Proses Imajinasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (2) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (3) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata kunci proses imajinasi imajinasi matematis penyelesaian masalah matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses masing-masing jenis imajinasi matematis mengetahui tahapan imajinasi matematis dan karakteristik imajinasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Ada tiga jenis imajinasi matematis siswa yaitu imajinasi matematis sensorik kreatif dan rekreatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan sumber datanya adalah enam siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses imajinasi matematis sensorik diawali dari munculnya persepsi subjek untuk menentukan panjang sisi persegi karena adanya rangsangan dari masalah. Persepsi ini memunculkan ide untuk menyelesaikan masalah. Ide ini merupakan bentuk imajinasi matematis sensorik yang dikeluarkan oleh siswa. Proses imajinasi matematis kreatif diawali dengan melanjutkan proses sebelumnya yang dimunculkan dalam imajinasi matematis sensorik. Subjek berusaha mencari panjang persegi dan dapat memunculkan ide yang relevan dengan masalah sehingga menemukan panjang sisi persegi. Ide relevan yang dimunculkan subjek merupakan representasi dari imajinasi matematis kreatif siswa. Sedangkan proses imajinasi matematis rekreatif diawali subjek dengan mencari solusi sebanyak-banyaknya panjang sisi persegi yang memenuhi gambar tersebut. Subjek mampu menemukan solusi umum dari panjang sisi masing-masing persegi. Subjek memunculkan ide untuk memperoleh solusi umum dari masing-masing panjang persegi. Ide ini merupakan representasi dari imajinasi matematis rekreatif yang dilakukan oleh subjek. Subjek mampu melakukan generalisasi dari solusi sehingga diperoleh panjang sisi persegi yang baru. Tahapan yang dilalui siswa dalam memunculkan imajinasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika didahului dengan imajinasi matematis sensorik lalu imajinasi matematis kreatif dan kemudian imajinasi matematis rekreatif. Selain itu muncul karakteristik dari imajinasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu imajinasi matematis sensorik merupakan representasi dari ide berdasarkan persepsi imajinasi matematis sensorik melibatkan aktivitas gerak tubuh imajinasi matematis sensorik dapat dilihat melalui representasi secara visual imajinasi matematis kreatif merupakan representasi dari ide-ide relevan dalam menyelesaikan masalah imajinasi matematis kreatif dapat mengubah sesuatu yang abstrak menjadi pendekatan yang lebih bermakna imajinasi matematis kreatif dipengaruhi oleh pemikiran divergen dari masing-masing subjek imajinasi matematis rekreatif merupakan representasi ide dari perspektif yang berbeda berdasarkan pengalaman imajinasi matematis rekreatif dapat dilihat melalui generalisasi solusi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64529

Actions (login required)

View Item View Item