Baidawi, Muhammad (2017) Kesadaran dan pengaturan berpikir guru prospektif dalam menyelesaikan masalah aljabar / Muhammad Baidawi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Baidawi Muhammad. 2017. KesadarandanPengaturanBerpikir Guru ProspektifdalamMenyelesaikanMasalahAljabar. Disertasi Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (II) Dr. EdyBambangIrawan M.Pd (III) Dr. rer.nat. I Made Sulandra M.Si. KataKunci Kesadaran PengaturanBerpikir Guru Prospektif MasalahAljabar Guru prospektif yang memahamikonsepdanmempunyaiketerampilanproseduraltidakselalumampumenyelesaikanmasalah. Penyebabutamaketidakmampuanguru prospektifdalammenyelesaikanmasalahdikarenakanbelummampumenyadaridanmengatur proses berpikirnya. Jadikesadarandanpengaturanberpikirpentingdalammenyelesaikanmasalah.Kesadarandanpengaturanberpikirdalampenelitianinimengacupadaattention recall information planning monitoringdanevaluation. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikan proses kesadarandanpengaturanberpikir guru prospektif (mahasiswa yang telahmenempuhmatakuliahaljabar linear danpraktekpengalamanlapangan)dalammenyelesaikanmasalahaljabar. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganstrategistudikasus.Subjekdalampenelitianiniberjumlahempat guru prospektif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1) komponenkesadarandanpengaturanberpikir yang mengacupadaattention recall information planning monitoringdanevaluationbergeraktidak linear yaitubergeraktidakberurutan tetapiberulang 2) strukturkesadarandanpengaturanberpikir guru prospektifdalammenyelesaikanmasalahaljabarberkategorilengkapdantidaklengkap.Subjek1 danSubjek3 berkategorilengkapdikarenakankomponenstrukturpenyelesaianmasalahsertakomponenkesadarandanpengaturanberpikir guru prospektifmunculsecarakeseluruhan.Subjek2 danSubjek4 berkategoritidaklengkapdikarenakankomponenstrukturpenyelesaianmasalahtidakmunculsecarakeseluruhan tetapikomponenkesadarandanpengaturanberpikirmunculsecarakeseluruhan 3) guru prospektif yang telahmenyadaridanmengatur prosesberpikirnyatidakselalumenyelesaikanmasalahsecarabenar 4) dalammenyelesaikanmasalah guru prospektifmelakukanaktivitaskognitifkemudianmelanjutkanaktivitaskesadarandanpengaturanberpikirsesudahatausebelumaktivitaskognitif. Tindaklanjutdaripenelitianinidapatdikembangkankomponenkesadarandanpengaturanberpikirdalammenyelesaikanmasalahaljabar.Wawancaraperludiperdalamdenganmengacupadaindikatorkesadarandanpengaturanberpikir.Desain model pembelajaranmelibatkankelengkapaninformasi kognisidanmetakognisi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64528 |
Actions (login required)
View Item |