Pergeseran keyakinan epistemologis tentang matematika pada mahasiswa politeknik / Arif Rahman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pergeseran keyakinan epistemologis tentang matematika pada mahasiswa politeknik / Arif Rahman Hakim

Hakim, Arif Rahman (2017) Pergeseran keyakinan epistemologis tentang matematika pada mahasiswa politeknik / Arif Rahman Hakim. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim Arif Rahman. 2016. Pergeseran Keyakinan Epistemologis tentang Matematika pada Mahasiswa Politeknik. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.Sc. (II) Dr. Subanji M.Si. (III) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci keyakinan epistemologis pergeseran keyakinan keyakinan mahasiswa Keyakinan (belief) adalahpenilaian atau pandangan pribadiyang merupa-kanpengetahuansubjektifseseorangyangtidak membutuhkanpembenaranformal. Keyakinan epistemologis adalah keyakinan yang mengacu pada pengetahuan individu tentang bagaimana suatu pengetahuan terjadi apa yang dianggap sebagaipengetahuan di manapengetahuan berada danbagaimana pengetahuandibangundandievaluasi. Keyakinan epistemologis tentang matematika meliputi keyakinan tentang waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah matematika pentingnya memahami matematika adanya masalah matematika yang bisa diselesaikan tanpa prosedur langkah-demi-langkah dan kegunaan matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pergeseran/perubahan keyakinan epistemologis tentang matematika dari sebelum kuliah hinggaakhir kuliah di Politeknikdan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut serta korelasinya terhadap kinerja matematika. Dengan mengetahui perubahan keyakinan epistemologistentang matematika maka diharapkan dapat digunakan untuk mempertimbangkan penyusunan kurikulum dan pembelajaran matematika di Politeknik. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan metode Explanatory Sequential Design yaitu penelitian awal dilakukan secara kuantitatif dan dilanjutkan dengan penelitian kualitatif. Data kuantitaif keyakinan mahasiswa tentang matematika diambil menggunakan kombinasi kuesioner IMBS (Indiana Mathematics Belief Scales) dan kuesioner MBS dengan terlebih dahulu melakukan modifikasi menyesuaikan dengan rumusan masalah kemudian dilanjutkan dengan mengajukan kuesioner otobiografi matematika tes matematika dan wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan epistemologis mahasiswa Politeknik tentang matematika masuk kategori positif rendah. Sub skala Waktu Pemahaman dan Kegunaan dengan kategori positif sedangkan pada sub skala Langkah dengan kategori negatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Politeknik mempunyai keyakinan availingyaitu menyelesaikan masalah matematika mungkin memerlukan waktu lama pemahaman penting dalam matematika dan matematika berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebagian besar mahasiswa masih memegang keyakinan nonavailing yaitu menyelesaikan matematika harus menggunakan rumus/prosedur langkah-demi-langkah yang sudah disediakan bukan menggunakan logika atau nalar. Pergeseran keyakinan mahasiswa Politeknik tentang matematika naik rendah atau mengalami pergeseran positif. Namun demikian pergeseran positif tersebut terjadi tidak pada setiap sub skala. Pergeseran positif terjadi pada sub skala Waktu Pemahaman dan Kegunaan. Sebaliknya pergeseran negatif terjadi pada sub skala Langkah.Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran keyakinan epistemologis mahasiswa tentang matematika dapat dikelompokkan menjadi (1) matematikasebagai suatu disiplin (2) sifatmengetahuimatematika (3) sistem penilaian (4) diri (self) (5) orientasi tujuan (6) kegunaan matematika (7) waktu penyelesaian (8) pemakaian pada mata kuliah lain dan (9) pengalaman kerja. Hasil analisa kuantitatif menunjukkan bahwa keyakinan epistemologis mahasiswa tentang matematika berkorelasi positif terhadap kinerja matematika pada tingkat signifikansi 1% dengan koefisien korelasi Pearson 0 424. Setiap sub skala keyakinan epistemologis masing-masing mempunyai korelasi positif dengan kinerja matematika pada tingkat signifikansi 1% sub skala Waktu dengan koefisien korelasi Person 0 214 sub skala Pemahaman dengan koefisien korelasi 0 313 sub skala Kegunaan dengan koefisien korelasi 0 215 serta perubahan keyakinan epistemologis dengan koefisien korelasi 0 204. Sedangkan sub skala Langkah berkorelasi positif pada tingkat signifikansi 5 % dengan koefisien korelasi 0 159.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64524

Actions (login required)

View Item View Item