Maryono (2017) Karakteristik Pedagogical Content Practice (PCP) guru matematikia SMA pada materi SPLDV / Maryono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maryono. 2016. Karakteristik Pedagogical Content Practice (PCP) Guru Matematika SMA Pada Materi SPLDV. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Dr. H. Subanji M.Si. (III) Dr. Santi Irawati M.Si. Kata Kunci Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru Pedagogical Content Practice (PCP) guru Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). PCK digambarkan sebagai hasil perpaduan antara pengetahuan materi ajar (content knowledge) dan pengetahuan cara mengajar (pedagogical knowledge) yang perlu dimiliki guru untuk mengorganisasikan materi masalah atau topik tertentu dan mengadaptasinya terhadap perbedaan minat dan kemampuan siswa serta menyajikannya dalam pembelajaran. Secara sederhana PCK didefinisikan sebagai cara menyampaikan materi (konten) tertentu supaya mudah dipahami siswa. Pedagogical Content Practice (PCP) bisa dikatakan sebagai tindakan yang dilakukan guru dalam kelas sebagai implementasi dari PCK yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru Matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) (2) mendeskripsikan Pedagogical Content Practice (PCP) guru Matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) (3) mengetahui karakteristik Pedagogical Content Practice (PCP) guru matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) melakukan studi pendahuluan (2) menyusun instrumen berupa lembar vignette lembar CoRe (Content Representation)dan PaP-eRs(Pedagogical and Professional experience Repertoires) (3) memberikan instrumen kepada subjek (4) menganalisis PCK subjek (5) merekam praktik pembelajaran subjek (6) menganalisis PCP subjek (7) melakukan wawancara dengan subjek dan (8) menyusun laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelompok pertama (guru pemula) yang terdiri dari S1 dan S2 mempunyai karakteristik Up-Grading PCP (S1) dan Constant PCP (S2) (2) kelompok kedua(guru menengah) yang terdiri dari S3 dan S4 mempunyai karakteristik Down-Grading PCP (S3) dan Up-Grading PCP (S4) (3) kelompok ketiga (guru berpengalaman) yang terdiri dari S5 dan S6 mempunyai karakteristik Down-Grading PCP (S5) dan Constant PCP (S6). 8195
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64522 |
Actions (login required)
View Item |