Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Intan Qomalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Intan Qomalasari

Qomalasari, Intan (2017) Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Intan Qomalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qomalasari Intan. 2017.PenerapanModel Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitasdan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. H.Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata kunci Model Team Game Tournament (TGT) AktivitasBelajar Hasil Belajar. Pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang masih berpusat pada guru.Hal ini ditandai pada saat kegiatan pembelajaran gurumenggunakan metode ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab dan pemberian tugasserta tidak menggunakan media pembelajaran saat menjelaskan materi pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa rendahnya keaktifan siswa saat belajar dan siswa terlihat bosan saat kegiatan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model TGTpada pembelajaran tematik terpadu bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model TGT pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan jumlah 24siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model TGT yang meliputi keberhasilan penyusunan RPP dan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran oleh guru dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata keberhasilan penyusunan RPP 98 68% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Untuk pelaksanaan pembelajaran oleh gurupada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 97 5% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Pada aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu64 48%meningkat padasiklus II menjadi 82 95%. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus Idiperoleh nilai rata-rata yaitu 74 53% meningkat pada siklus II menjadi 88 97%. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang.Saran untuk penelitian selanjutnyaagarmempertimbangkan pengelolaan kelas ketika game dan tournament berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item