Rahardi, Rustanto (2016) Reifikasi transisi representasi simbolik menuju generalisasi dalam pecahan / Rustanto Rahardi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahardi Rustanto. 2015. Reifikasi Transisi Representasi Simbolik Menuju Generalisasi dalam Pecahan. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd dan (III) Dr. Santi Irawati M.Si. Kata kunci reifikasi transisi representasi simbolik generalisasi. Konsep matematika idealnya disajikan dengan langkah-langkah urut padu tingkat kesulitannya meningkat setiap entitas yang disajikan berguna bagi entitas berikutnya dan tidak terpisah. Sfard (1991) memandang bahwa reifikasi adalah kemampuan secara tiba-tiba untuk memproses entitas-entitas yang seakan-akan terpisah menjadi satu objek solid dalam struktur statis. Walaupun teori reifikasi Sfard digunakan pada matematika tingkat lanjut akan tetapi akan menarik apabila teorinya digunakan pada matematika tingkat dasar. Konsep matematika tingkat lanjut dibangun melalui representasi simbol-simbol abstrak secara deduktif sedangkan konsep matematika tingkat dasar ada yang dibangun melalui representasi objek konkret. Reifikasi terhadap konsep matematika tingkat dasar akan melalui tahapan-tahapan tertentu sementara Leung (2009) Spinillo Federal(2004) Rahardi (2011) dan Pinilla (2007) menjelaskan bahwa proses transisi tahapan itu tidak mudah terutama topik pecahan di SD.Sedangkan hasil penelitian Spinillo Federal (2004) di negara Brasil menyatakan sudah lama diakui bahwa peserta didik sulitmenampilkankonseppecahan khususnyadalampembelajaranaritmatikadaripecahan. Kajian teoritis ini menunjukkan adanya banyak masalah dalam topik pecahan sehingga perludiadakan penelitian tentang pecahan. Permasalahan teoritis ini kemudian dilanjutkan dengan kajian empiris di lapangan diantaranya penyelesaian tertulis prosedur pecahan dari 33 mahasiswa calon guru hasil tertulis wawancara klinis guru tentang gagasan pecahan dan pengamatan pembelajaran pecahan. Kajian-kajian itu menunjukkan bahwa ada ketidak solidan antara representasi simbolik dan representasi generalisasi. Ketidak solidan ini bertentangan dengan teori reifikasi oleh karena itu timbul suatu permasalahan bagaimana ketrampilan guru dalam mereifikasi transisi representasi simbolik menuju generalisasi pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek 17 guruSD dalam beberapa kabupaten atau kota di Jawa timur. Mereka dipilih berdasarkan wawancara klinis terkait dengan serangkaian pertanyaan dalam instrumen yang telah divalidasi. Berdasarkan kriteria tertentu kemudian ditetapkan 3 guru yang diwawancarai dan data tertulisnya dianalisis. Berdasarkan kajian pustaka dan analisis data wawancara klinis memberikan suatu tahapan-tahapan reifikasi dari representasi simbolik hingga generalisasi yaitu (1) memahami bilangan pecahan dan operasinya (2) memberi contoh-contoh terurut (3) mengaji struktur (4) menemukan pola (5) menemukan hubungan dan (6) membuat konjektur. Saran terhadap penyempurnaan pembelajaran adalah sebaiknya guru memulai dari pemahaman gagasan pecahan yang dinteriorisasi melalui objek konkret hingga menetapkan struktur statis pecahan terkait dalam bentuk representasi simbolik. Interiorisasi generalisasi diperoleh melalui representasi simbolik dengan tahapan-tahapan secara urut dan padu sebagaimana dapat dipertimbangkan enam tahapan reifikasi hasil dari penelitian ini. Sedangkan saran untuk penelitian lebih lanjut diantaranya adalah meneliti efektifitas langkah-langkah reifikasinya melalui penelitian pengembangan atau meneliti materi pecahan selanjutnya dengan memperluas kriteria pengambilan subjek misalnya berdasarkan pengalaman dan status sertifikasi dari para subjek. 8195
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |