Proses representasi pada pemecahan word problem / Anwar Muttaqien - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses representasi pada pemecahan word problem / Anwar Muttaqien

Muttaqien, Anwar (2016) Proses representasi pada pemecahan word problem / Anwar Muttaqien. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muttaqien Anwar. 2016. Proses Representasi pada Pemecahan Word Problem. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Subanji M.Si. dan (III) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci Representasi Word Problem Pemecahan Word Problem Pemecahan word problem melibatkan kemampuan translasi dan integrasi teks word problem. Banyak siswa kesulitan memecahkan word problem karena ketidakmampuan menranslasi dan mengintegrasi teks word problem menjadi representasi yang tepat. Keberhasilan pemecahan word problem sangat tergantung pada representasi dari word problem. Representasi merupakan gambaran mental pada proses berpikir matematika yang berguna untuk memecahkan word problem. Representasi dibedakan dalam 2 (dua) tipe yaitu representasi piktorial dan representasi skematik. Penelitian ini mengeksplorasi proses representasi yang dilakukan siswa pada pemecahan word problem perbandingan inkonsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses representasi yang digunakan siswa SMP kelas 8 pada pemecahan word problem perbandingan inkonsisten. Penelitian ini dilakukan pada 47 (empat puluh tujuh) siswa dipilih 6 (enam) siswa untuk dieksplorasi sebagai subjek penelitian. Dari 6 subjek ditentukan 3 (tiga) kategori dan setiap kategori terdiri 2 (dua) subjek. Enam subjek penelitian tersebut sudah memenuhi syarat cukup untuk dieksplorasi sesuai kategori proses representasi yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang data utamanya berupa data verbal. Proses representasi siswa diungkap dengan menggunakan metode think aloud ditunjang dengan hasil temuan menarik dan hasil wawancara. Selain peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data digunakan pula instrumen pendukung berupa tugas pemecahan masalah dan disempurnakan dengan wawancara. Hasil penelitian ini mendeskripsikan 3 kategori proses representasi yaitu (1) proses representasi piktorial (2) proses representasi skematik dan (3) proses representasi pikto-skematik. Proses representasi piktorial terjadi ketika subjek mengidentifikasi kuantitas dan pernyataan relasional dan mentransformasi dari dua kuantitas menjadi operasi penjumlahan dua kuantitas. Transformasi juga terjadi pada pernyataan relasional menjadi operasi penambahan. Subjek kemudian membuat hubungan antar kuantitas ke model situasi dan membuat gambar berdasarkan dua kuantitas gambar digunakan untuk menentukan banyak siswa keseluruhan. Akhirnya subjek melakukan perhitungan dari gambar dengan menggunakan kata kunci. Proses representasi skematik terjadi ketika subjek mengidentifikasi pernyataan relasional dan menransformasi pernyataan relasional ke persamaan kemudian mengidentifikasi dua kuantitas menjadi penambahan kedua kuantitas. Subjek juga membuat hubungan persamaan dengan banyak siswa di kelas diperoleh jumlah keseluruhan dikurangi lebihnya. Subjek mengonversi pernyataan relasional menjadi dua variabel untuk membentuk skema berupa persamaan matematika. Akhirnya subjek melakukan perhitungan menggunakan persamaan dan mengoreksi jawaban menggunakan skema. Proses representasi pikto-skematik terjadi ketika subjek memperhatikan gambar pada soal dan mengidentifikasi pernyataan relasional transformasi pernyataan relasional menjadi persamaan. Subjek memparafrase kalimat siswa duduk berpasangan maka dibagi 2 berdasarkan model situasi. Subjek membuat hubungan pernyataan relasional pada gambar untuk membentuk model situasi dan menggambar suasana kelas berupa siswa duduk berpasangan. Membuat skema dari hubungan gambar siswa duduk berpasangan dan pernyataan relasional. Melakukan perhitungan berdasarkan gambar dan pernyataan relasional untuk merumuskan banyak siswa keseluruhan dan menghitung banyak siswa perempuan berdasarkan rumusan tersebut. Penelitian ini menggunakan tugas pemecahan word problem perbandingan inkonsisten untuk eksplorasi tiga proses representasi yaitu piktorial skematik dan pikto-skematik. Dalam penelitian menemukan representasi pikto-skematik yaitu representasi yang memiliki ciri dari representasi piktorial dan skematik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64510

Actions (login required)

View Item View Item