Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Umi Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Umi Azizah

Azizah, Umi (2017) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Umi Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Umi. 2017. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci pelaksanaan pendidikan karakter pembiasaan SD Pelaksanaan pendidikan karakter di SD merupakan usaha yang dilakukan oleh warga sekolah untuk menanamkan nilai-nilai karakter agar menjadi manusia yang lebih baik. Berdasarkan hasil observasi Di SDN Sawojajar 3 Kota Malang peneliti menemukan pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Sawojajar 3 Kota Malang dilaksanakan melalui kegiatan rutin insidental dan terprogram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan (2) karakter yang tampak pada pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan dilakukan dengan 3 kegiatan yaitu kegiatan rutin insidental dan terprogram. Karakter yang tampak pada pelaksanaan pendidikan karakter adalah religius sopan disiplin cinta tanah air gemar membaca tanggung jawab bersahabat/komunikatif peduli lingkungan dan peduli sosial. Kendala yang dihadapi adalah terlihat dari jumlah siswa yang perkelas sedikitnya ada 39 siswa yang mengakibatkan guru masih belum bisa memfokuskan diri kesemua siswa dalam melakukan kegiatan pembiasaan siswa masih belum melakukan kegiatan pembiasaan yang harus dilakukan seperti membuang sampah pada tempatnya berdoa dengan khusu makan sambil duduk membaca buku.. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembiasaan melalui kegiatan rutin dan insidental dapat mewujudkan karakter siswa yang religius sopan disiplin cinta tanah air gemar membaca tanggung jawab bersahabat/ komunikatif peduli lingkungan dan peduli sosial. Disarankan untukpeneliti selanjutnya dapat meneliti kegiatan yang terprogram agar penelitian lebih lengkap menjadi kegiatan rutin insidental dan terprogram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item