Lailiyah, Siti (2015) Karakterisasi penstrukturan pada penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Siti Lailiyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Siti Lailiyah 2015 Karakterisasi Penstrukturan Pada Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (III) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Penstrukturan Penalaran Analogi Masalah Matematika Penalaran analogi merupakan penalaran yang sangat penting dalam bidang matematika dan merupakan kunci kreativitas. Hal ini sesuai dengan National Council of Teacher of Mathematics (NCTM 2000) yang diadaptasi oleh kurikulum 2006 di Indonesia dimana penalaran dan pembuktian menjadi tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Komponen penalaran analogi yang sangat penting adalah penstrukturan karena aturan penyelesaian masalah pada penalaran analogi dari domain sumber ke domain target didasarkan pada kerangka kerja penstrukturannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakterisasi penstrukturan pada penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari data hasil lembar tugas matematika. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil thinks alouds wawancara yang ditranskripkan dan video selama subjek mengerjakan lembar tugas matematika serta wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini dikaji dan dideskripsikan secara kualitatif. Berdasarkan kerangka teori yang dibangun hasil penelitian ini dipaparkan dalam tiga kelompok yang memiliki karakteristik berbeda yaitu penstrukturan internal penstrukturan eksternal konektif dan penstrukturan eksternal ekstensi. Pertama penstrukturan internal ini kode karakteristik dibangun secara internal pada masalah sumber. Kedua penstrukturan eksternal konektif ini kode karakteristik dibangun antara bagian-bagian yang bersesuaian antara masalah sumber dan masalah target. Ketiga penstrukturan eksternal ekstensi ini kode karakteristik dibangun antara masalah sumber dan masalah target dengan faktor eksternal ekstensi. Faktor eksternal ekstensi adalah faktor luar dari masalah penelitian seperti kreativitas subjek menggunakan beberapa materi pelajaran dalam penyelesaiannya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64508 |
Actions (login required)
View Item |