Reproduksi visual spasial siswa SMK dalam mengkonstruksi kubus / Zuraidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Reproduksi visual spasial siswa SMK dalam mengkonstruksi kubus / Zuraidah

Zuraidah (2015) Reproduksi visual spasial siswa SMK dalam mengkonstruksi kubus / Zuraidah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuraidah 2015. Reproduksi Visual Spasial Siswa SMK Dalam Mengonstruksi Kubus. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaya M.Ed. Ph.D. (II) Dr. I Nengah Parta M.Si. (III) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci reproduksi visual spasial siswa SMK konstruksi kubus Reproduksi visual spasial siswa berkaitan dengan pola penalaran spasialnya. Penalaran spasial adalah pemrosesan informasi non verbal berupa gambar untuk menyelesaikan masalah. Terkait dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan alur penalaran spasial siswa dalam mengonstruksi kubus. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sebanyak 8 siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI bidang keahlian Tehnik Gambar Bangunan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Selain peneliti sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan data digunakan pula instrumen pendukung berupa tugas. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis perbandingan tetap. Hasil analisis penelitian ini bermuara pada empat kesimpulan. Pertama pada penalaran spasial SE alur penalaran spasial subjek diawali dengan menentukan titik tetap. Jika sisi depan kubus dijadikan titik tetap maka subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah luar. Jika sisi bawah kubus yang dijadikan titik tetap subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah dalam. Kedua pada penalaran spasial SSCC alur penalaran spasial subjek diawali dengan melakukan rotasi terhadap jaring-jaring. Selanjutnya subjek menentukan titik tetap. Jika sisi bawah kubus dijadikan titik tetap maka subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah dalam. Jika sisi depan kubus yang dijadikan titik tetap subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah luar. Ketiga pada penalaran spasial SE-SSCC alur penalaran spasial subjek diawali dengan menentukan titik tetap dan diakhiri dengan melakukan rotasi terhadap kubus. Setelah menentukan sisi bawah kubus sebagai titik tetap subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah dalam sehingga terkonstruksi kubus. Terakhir subjek membayangkan melakukan rotasi terhadap kubus yang baru dikonstruksi tersebut. Keempat pada penalaran spasial Dobel SSCC alur penalaran spasial subjek diawali dengan melakukan rotasi terhadap jaring-jaring dan diakhiri dengan melakukan rotasi terhadap kubus. Setelah melakukan rotasi terhadap jaring-jaring subjek menentukan sisi belakang atau sisi bawah kubus sebagai titik tetap. Selanjutnya subjek membayangkan melipat jaring-jaring kearah dalam sehingga terkonstruksi kubus. Terakhir subjek membayangkan melakukan rotasi terhadap kubus yang baru dikonstruksi tersebut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64505

Actions (login required)

View Item View Item