Pengembangan model pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis / Buhaerah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis / Buhaerah

Buhaerah (2015) Pengembangan model pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis / Buhaerah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Buhaerah 1) Ipung Yuwono2) Edy Bambang Irawan3) Swasono Rahardjo4) Pendidikan Matematika-Pascasarjana Universitas Negeri Malang E-mail buhaerahstain gmail.com1) ipung mat.um.ac.id 2) ib_ide yahoo.co.id3) swasono_r yahoo.co.id 4) ABSTRAK Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan model pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis disingkat model PMBK yang valid praktis dan efektif . Berpikir kritis didefinisikan sebagai proses intelektual untuk menjelaskan konsep memecahkan masalah dan membuat keputusan yang dapat dipercaya dan diyakini kebenarannya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada modifikasi model pengembangan pendidikan dari Plomp komponen-komponen model menurut Joyce Weil dan kualitas produk pendidikan menurut Nieeven. Model PMBK yang diperoleh telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Beberapa temuan khusus yang berkonstribusi dalam penelitian ini antara lain (1) siswa menjelaskan konsep dan prinsip belajar matematika (2) siswa mengidentifikasi soal (diketahui ditanyakan kecu kupan unsur) membuat model matematika dan penyelesaiannya (3) siswa memeriksa memperbaiki dan memberikan penjelasan setiap langkah algoritma pemecahan masalah dan (4) siswa secara individu atau kelompok mempersentasikan pendapat/ide di depan kelas. Rekomendasi penelitian ini antara lain (1) model PMBK yang dikembangkan ini baru sampai pada tahap uji coba terbatas oleh sebab itu untuk mengetahui keefektifannya pada lingkup lebih luas disarankan kepada para peminat untuk mengimplementasikannya di sekolah-sekolah. (2) aspek-aspek berpikir kritis siswa yang diterapkan dalam model PMBK ini dapat dimodifikasi oleh para guru yang berminat menerapkan model ini modifikasi dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan lingkungan dan budaya siswa. Dengan demikian perangkat-perangkat model PMBK juga turut termodifikasi. Kata Kunci model pembelajaran matematika dan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64502

Actions (login required)

View Item View Item