Proses berpikir aljabar dalam menggeneralisasi pola melalui pendekatan semiotik / Siti Inganah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir aljabar dalam menggeneralisasi pola melalui pendekatan semiotik / Siti Inganah

Inganah, Siti (2015) Proses berpikir aljabar dalam menggeneralisasi pola melalui pendekatan semiotik / Siti Inganah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Inganah Siti. 2015. Proses Berpikir Aljabar dalam Menggeneralisasi Pola melalui Pendekatan Semiotik. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Subanji M.Si. dan (III) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci generalisasi pola semiotik berpikir aljabar teori APOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir aljabar siswa dalam menggeneralisasi pola melalui pendekatan semiotik berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh dan kelas delapan SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan think aloud dan wawancara. Subjek diminta untuk mengungkapkan secara keras (lisan) semua yang dipikirkan selama menyelesaikan tugas generalisasi pola. Kegiatan ini direkam dengan audiovisual dan peneliti melakukan pengamatan secara langsung pada subjek maupun berdasarkan rekaman handycam. Wawancara dilakukan untuk mendalami dan mengklarifikasi proses berpikir siswa serta menjaring data yang belum diperoleh melalui think aloud. Data yang telah diperoleh tersebut dianalisis dengan tahap- tahap yaitu mentranskrip data mereduksi data mengkategorisasi data memvisualisasi skema struktur kognitif dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir aljabar siswa dalam menggeneralisasi pola dikategorikan dalam empat kategori yaitu (1) factual (2) contextual (3) symbolic short jumping dan (4) symbolic hight jumping. Berpikir aljabar factual terjadi ketika siswa menggeneralisasi pola berpikirnya didominasi pada tahap proses serta tidak lengkap sehingga tahap berikutnya yaitu tahap objek tidak sempurna. Produk generalisasi dinyatakan berdasarkan aturan umum tingkat dasar dengan menggunakan kata atau kalimat. Berpikir aljabar contextual terjadi ketika siswa menggeneralisasi pola proses berpikirnya didominasi pada tahap aksi pada tahap proses tidak lengkap sehingga tahap objek juga tidak sempurna. Produk generalisasi dinyatakan berdasarkan istilah riil yang termuat dalam pola dengan menggunakan kata atau kalimat. Berpikir aljabar symbolic short jumping terjadi ketika siswa menggeneralisasi pola proses berpikirnya didominasi pada tahap proses yang dimediasi secara dominan melalui word yang dilakukan dengan lengkap sehingga pada tahap objek sempurna serta produk generalisasi dinyatakan dengan simbol standar aljabar alfanumerik. Berpikir aljabar symbolic hight jumping terjadi ketika siswa menggeneralisasi pola tahap aksi proses objek dan skema dilakukan dengan sempurna serta produk generalisasi dinyatakan dengan simbol standar aljabar alfanumerik. Gestur word dan simbol sebagai komponen semiotik yang merupakan mediasi dalam keempat kategori proses berpikir aljabar tersebut adalah bersesuaian gestur deictic (menunjuk) mengiringi word pada tahap aksi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64500

Actions (login required)

View Item View Item