Problematika kegiatan literasi di SDN Saptorenggo 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Fenny Aida Febianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika kegiatan literasi di SDN Saptorenggo 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Fenny Aida Febianti

Febianti, Fenny Aida (2017) Problematika kegiatan literasi di SDN Saptorenggo 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Fenny Aida Febianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febiyanti Fenny Aida. 2017. Problematika Kegiatan Literasi di SDN Saptorenggo 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci Problematika Literasi Sekolah Dasar Kegiatan literasi adalah upaya untuk menumbuhkan kecintaan membaca kepada siswa. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 dinyatakan tentang Penumbuhan Budi Pekerti mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Sebagai upaya untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika kegiatan literasi dan langkah-langkah kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II III IV dan V SDN Saptorenggo 01. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan didukung instrumen berupa pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data penyajian data dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan triangulasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kegiatan literasi di SDN Saptorenggo 01 belum sepenuhnya dilaksanakan setiap hari. Keterlibatan guru kepala sekolah dan tenaga kependidikan dalam kegiatan literasi belum berjalan dengan maksimal. Pelibatan publik dalam kegiatan literasi belum ada. Buku yang dibaca tidak sesuai dengan minat siswa. Tidak ada perbedaan buku bacaan untuk siswa kelas tinggi dan kelas rendah. Area baca di lingkungan sekolah belum tersedia. Sudut baca hanya terdapat di kelas II dan IV namun belum dikelola dengan maksimal. Pajangan di kelas II dan III masih terbatas. Kegiatan membaca yang dilakukan yaitu membaca dalam hati. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi di SDN Saptorenggo 01 belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya keterlibatan guru kepala sekolah serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung kegiatan literasi. Oleh karena itu peneliti menyarankan bagi pemerintah sebaiknya panduan pelaksanaan kegiatan literasi segera dicetak dan disebarkan pada seluruh sekolah di Indonesia. Bagi kepala sekolah sebaiknya melibatkan publik. Bagi guru sebaiknya menciptakan lingkungan yang dapat menumbuhkan minat baca siswa. Bagi orang tua sebaiknya menyumbang buku bacaan di awal tahun pelajaran. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan cakupan yang lebih luas dengan metodologi yang berbeda. ABSTRACT Febiyanti Fenny Aida. 2017. Problems in Literacy Activities at Saptorenggo State Elementary School 01Pakis Malang. Thesis The Study Program of Elementary School Teacher Education Department of Elementary School and Preschool Education Faculty of Education. State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Key Words Problematics Literacy Primary School Literacy activities is an attempt to foster a love of reading to students. Regulation of the Minister of Education and Culture No. 23 of 2015 stated about The Character Growth concerning the activities on non-textbooks reading for fifteen minutes before the learning begins. This research conducted as an effort to investigate the implementation of literacy activities in schools. This research aimed to describe the problems and the measures of literacy activities. This research used a qualitative approach with a qualitative descriptive research. These research subjects are students of class II III IV and V at Saptorenggo State Elementary School 01. The instrument of this research that the researchers themselves supported instrument in the form of interview observation and documentation. The data analysis techniques included data collection data presentation and verification. As for checking the validity of the findings of the data had been conducted by triangulation. This research resulted in the finding that literacy activities at Saptorenggo State Elementary School 01 has not been fully implemented daily. The public participations in literacy activities is not yet involved. The books read are not in accordance with the interests of students. There is no any difference between the textbooks for students of high grade and low grade. The reading area in the school setting is not yet available. The reading spot only available in class II and IV but not managed optimally. The displays in class II and III remains limited. All they do is reading silently. After reading the book the assignments given in class IV and V. Through the results of this research it is concluded that literacy activities at Saptorenggo State Elementary School 01 has not run at its greatest extend. That is because the involvement of teachers principals are not going to its fullest and facilities are less supportive to the literacy activities. Therefore the researcher recommends to the government that the guidebooks about implementation of the literacy activities should be immediately printed and distributed across schools in Indonesia. For principals should involve the public. For the teachers should create an environment that encourage students interest. For parents should donate rading books at the beginning of the school year. In addition for the next researchers it is advisable to develop a more extensive coverage using different methodologies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item