Senior High School Teachers' Assessment on Students' Writing Skill / Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Senior High School Teachers' Assessment on Students' Writing Skill / Hartono

UNSPECIFIED (2013) Senior High School Teachers' Assessment on Students' Writing Skill / Hartono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Key words assessment writing assessment writing instruction Penilaian ketrampilan menulis berperan penting dalam proses belajar-mengajar karena hasil penilaian (1) menginformasikan kepada guru maupun siswa tentang seberapa banyak materi yang tidak atau belum dikuasai siswa (2) membantu guru membuat keputusan tentang tujuan pembelajaran (3) mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa untuk merencanakan kegiatan remedial dan (4) mengetahui apakah siswa memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan ujian. Disamping itu tanpa penilaian sulit untuk (1) mengidentifikasi kebutuhan belajar individu maupun kelompok siswa (2) mereview ketepatan tujuan maupun isi kurikulum (3) mengidentifikasi siswa yang berkebutuhan khusus (4) mengevaluasi kualitas pembelajaran. Disamping itu penelitian awal tentang penilaian ketrampilan menulis menunjukkan bahwa penilaian ketrampilan menulis siswa di sekolah-sekolah menengah umum (SMU) di Kota Malang berbeda-beda. Oleh kerena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana guru SMU menilai ketrampilan menulis siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif. Data tersebut dikumpulkan melalui (1) wawancara mendalam dengan guru SMU yang terpilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang penilaian menulis mereka (2) observasi kelas untuk melengkapi dan memverifikasi data yang diperoleh dari wawancara dan (3) analisis dokumen dari silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan berbagai jenis penilaian yang dilakukan guru dalam ketrampilan menulis siswa. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis Miles dan Huberman yang melibatkan tiga tahap (1) reduksi data yang dilakukan dengan menyeleksi menyederhanakan meringkas memilah dan/atau mengelompokkan tema (2) analisis dan klasifikasi data dengan menggunakan kategori-kategori yang didasarkan pada fokus masalah dan (3) kesimpulan yang dirumuskan secara berkelanjutan sepanjang proses penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama cara guru SMU mendifinisikan ketrampilan menulis siswa yang perlu dinilai berpijak pada pemahaman mereka terhadap konsep (construct) tentang apa yang dipahami sebagai tulisan yang baik. Tulisan yang baik (1) adalah tulisan yang pada umumnya mengekspresikan gagasan siswa dalam diskurus tulis pendek secara terorganisir dengan menggunakan bahasa yang baik (2) tidak hanya berkaitan dengan tulisan yang benar tettapi juga dengan apa yang diharapkan oleh pembacanya (3) mencakup jenis tulisan yang berbeda-beda (4) memiliki beragam bentuk. Secara lebih spesifik tulisan yang baik (1) memiliki tujuan yang jelas (2) memiliki gagasan yang jelas dan mendukung gagasan tersebut dengan informasi spesifik (3) berisi gagasan yang menarik penting dan terorganisir dengan baik (4) menggunakan kalimat-kalimat yang jelas ringkas dan benar (5) mencerminkan organisasi gagasan yang logis dan efektif dan (6) mengikuti konvensi yang benar dan komunikatif. Kedua guru SMU menggunakan berbagai metode/teknik penilaian ketrampilan menulis siswa seperti penilaian (ketrampilan) menulis langsung penilaian (ketrampilan) menulis tak-langsung penilaian menulis semi-terpandu penilaian berdasar portofolio dan penilaian sehari-hari. Agar dapat menggunakan metode/teknik penilaian yang tepat mereka terlebih dahulu menentukan apakah semua komponen perlu dinilai atau apakah beberapa komponen kurang penting dan tidak perlu dinilai. Ketika menerapkan metode penilaian langsung mereka menggunakan teknik penskoran holistic dan analitik. Disamping menggunakan teknik penskoran holisitik dan analitik mereka menggunakan cara penilaian lain yaitu memberikan umpan balik kepada siswa agar mereka dapat belajar dan melakukan perbaikan pada tulisan mereka. Terakhir guru SMU mengkaitkan kegiatan penilaian mereka dengan proses belajar mengajar dalam beberapa cara. Pertama mereka secara berkelanjutan melakukan penilaian kebutuhan siswa dan pembelajaran untuk memenuhi kebutuan siswa tersebut. Dalam hal ini mereka melaksanakan penilaian untuk pembelajaran guna mengumpulkan informasi tentang kelebihan dan kekurangan siswa agar dapat memberikan umpan balik dan dukungan untuk membantu pembelajaran. Cara lainnya terlihat ketika mereka menerapkan kriteria untuk ketrampilan menulis siswa. Mereka menggunkan kriteria penskoran sebagai alat pengajaran yang bermanfaat yang tidak hanya untuk membantu siswa memahami ketrampilan menulis secara obyektif tetapi juga sebagai bagian dari proses belajar mengajar. Akhirnya guru SMU memanfaatkan protofolio ketrampilan menulis siswa sebagai bagaian dari pengajaran menulis untuk menunjukkan perkembangan kemampuan menulis siswa proses menulis siswa dan hasil tulisan siswa serta untuk menghimpun tulisan-tulisan siswa yang penting. Hasilnya siswa menjadi sadar bahwa mereka diharapkan untuk memenuhi kriteria tertentu dalam semua tugas menulis mereka. Ringkasnya penilaian ketrampilan menulis merupakan faktor penggerak penting pada apa dan bagaimana siswa belajar karena bilamana penilaian ketrampilan menulis dipadukan dengan proses belajar mengajar siswa cenderung lebih mampu mencapai hasil belajar yang diharapkan dan diperkaya oleh pengalaman belajar mereka. Berdasarkan hasil penelitian guru SMU disarankan untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan berbagai macam penilian menulis. Kedua guru perlu menilai berbagai ketrampilan menulis siswa dan memberi tugas menulis dengan panjang-pendek tulisan yang berbeda-beda karena satu tugas saja tidak menggambarkan kemampuan secara utuh. Ketiga guru perlu melibatkan siswa dalam penilaian ketrampilan menulis mereka. Keempat guru perlu memberi umpan balik untuk mengetahui apakah siswa sudah atau belum mampu menulis dengan baik. Kelima guru perlu memanfaatkan hasil penilaian untuk berbagai tujuan yang tepat di dalam maupun di luar kelas misalnya memberi bantuan kepada siswa memberi nilai mengevaluasi program pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64493

Actions (login required)

View Item View Item