Analisis konsepsi siswa terhadap konsep cara tumbuhan membuat makanan di kelas V SDN Pegentan 02 Singosari / Ludia Minda Parnita - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis konsepsi siswa terhadap konsep cara tumbuhan membuat makanan di kelas V SDN Pegentan 02 Singosari / Ludia Minda Parnita

Parnita, Ludia Minda (2017) Analisis konsepsi siswa terhadap konsep cara tumbuhan membuat makanan di kelas V SDN Pegentan 02 Singosari / Ludia Minda Parnita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parnita Ludia M. 2016. AnalisisKonsepsiSiswaterhadapKonsep Cara TumbuhanMembuatMakanan diKelas V SDN Pagentan 02 Singosari.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs.HeruAgus Tri Widjaja M.Pd (II) Dra. Sri EstuWinahyu M.Pd. Kata Kunci Analisiskonsepsi caratumbuhanmembuatmakanan fotosintesis IPA SD Konsepsimerupakanpemahamanseseorangterhadapsebuahkonsep.Setiapsiswamemilikikonsepsi yang berbeda tetapikonsepsi yang dianggapbenaradalahkonsepsiilmuwan.Konsepsi yang tidaksesuaidenganilmuwanmerupakankesalahankonsepsi.Padasiswa SD sangatmudahmengalamikesalahankonsepsi salahsatunyapadakonsepcaratumbuhanmembuatmakanan. Olehkarenaituperludiadakananalisisuntukmengetahuikonsepsisiswapadakonsepcaratumbuhanmembuatmakanan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa terhadap cara tumbuhan membuat makanan pengertian fotosintesis syarat tumbuhan membuat makanan waktu tumbuhan membuat makanan dan bagian tumbuhan yang membuat makanan. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenisstudikasus.Data penelitian berupa konsepsi yang dimiliki siswa dan sumber belajar siswa yaitu guru dan buku. Teknikpengumpulan data menggunakantes wawancara dandokumentasi.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Langkah-langkahanalisis data yang digunakanialah (1) reduksi data (2) penyajian data (3) membuatkesimpulan. Berdasarkan hasil dari analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama seluruh siswa tidak mengalami kesalahan konsepsi terhadap konsep cara tumbuhan membuat makanan yaitu fotosintesis. Kedua setengah dari jumlah siswa mengalami kesalahan konsepsi terhadap pengertian fotosintesis. Ketiga hampir setengah jumlah siswa mengalami kesalahan konsepsi terhadap syarat terjadinya fotosintesis berupa cahaya yang digunakan fotosintesis adalah cahaya matahari dan hanya klorofil yang dapat membantu fotosintesis. Keempat sebagian besar siswa mengalami kesalahan konsepsi pada waktu terjadinya fotosintesis berupa terjadi pada pagi dan siang hari. Kelima hampir setengah dari jumlah siswa mengalami kesalahan konsepsi pada bagian tumbuhan yang berfotosintesis berupa bagian daun saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item