Andriyani, Luvita Mila (2017) Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tanya siswa kelas III SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Luvita Mila Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andriyani Luvita Mila. 2017. Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Siswa Kelas III SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sjafruddin A. R S.Pd. M.Pd (2) Drs. Sumanto M.Pd Kata Kunci Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Kartu Kata SD Menulis kalimat tanya merupakan penulisan kalimat yang diawali dengan suatu kata tanya seperti apa siapa kapan dimana mengapa dan bagaimana yang mulai diberikan di kelas III Sekolah Dasar menulis kalimat tanya masih belum lengkap jika belum ada jawaban. Berdasarkan observasi menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menulis kalimat tanya di kelas III masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menulis kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya dan tanda tanya. Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kalimat tanya dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas III (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis kalimat tanya dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas III SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Pelaksanaan pembelajaran menulis kalimat tanya dengan menggunakan media kartu kata berjalan dengan baik. Siswa antusias dan bersemangat ketika pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Rata-rata kemampuan awal siswa yaitu 59 8 dengan tingkat keberhasilan 24%. Setelah dilaksanakan siklus I rata-rata keterampilan siswa menjadi 77 dengan tingkat keberhasilan 68%. Pada siklus II rata-rata keterampilan siswa meningkat kembali menjadi 83 5 dengan tingkat keberhasilan 88%. Diharapkan bagi guru dapatmenggunakan kartu kata sebagai media dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain sebaiknya kartu kata yang digunakan lebih menitikberatkan pada kata tanya dan tanda baca pada kalimat tanya. Bagi siswa dapat mengambil pengalaman dari pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata. Bagi sekolah sebaiknya menggunakan kartu kata sebagai media dalam belajar dan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6447 |
Actions (login required)
View Item |